Setiap ibu hamil disaran kan untuk menyiapkan hari persalinan dengan membeli dan menggunakan klaim manfaat melahirkan demi menjaga finansial agar tetap stabil, baik sebelum dan sesudah persalinan. Namun, hanya menyiapkan itu saja cukup untuk persalinan? Tentu saja tidak! Ada beberapa persiapan lainnya yang perlu diketahui ibu hamil dan pasangannya agar persalinan berjalan lancar. Apa saja kah? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

  1. Cari informasi sebanyak mungkin

Wajib bagi ibu hamil untuk sering-sering mencari informasi mengenai kehamilan dan juga persalinan agar nantinya tidak kaget dengan apa yang akan terjadi selama persalinan. Akan sangat dianjurkan juga bagi si Ibu untuk mengikuti kelas persalinan yang diajarkan oleh perawat atau pendidik persalinan bersertifikat untuk mendapatkan pengetahuan baru. Dengan begitu, ibu hamil nantinya tidak akan merasa was-was ketika persalinan.

 

  1. Menjaga kebugaran tubuh

Menjaga tubuh agar tetap bugar juga merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap wanita selama masa kehamilan, terutama ketika hendak menjelang hari persalinan. Caranya? Dengan berolahraga, tentunya! Tidak harus olahraga yang berat, olahraga ringan seperti jalan kaki, mengikuti kelas yoga dapat membuat tubuh Ibu menjadi lebih sehat dan bugar. Yuk, olahraga setiap hari!

 

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Hal yang satu ini tentunya sangat penting untuk selalu diterapkan tidak hanya untuk ibu hamil namun juga siapapun yang ingin menjalani hidup sehat. Khusus untuk ibu hamil sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi guna menjaga kesehatannya dan juga sijanin. Beberapa makanan tersebut seperti daging ayam, salmon segar, telur, seral, buah-buahan, sayur-sayuran, dan masih banyak makanan sehat lainnya.

 

  1. Siapkan pikiran

Tidak hanya kesehatan dan kebugaran tubuh saja yang harus selalu dijaga. Ibu hamil yang hendak menjalankan persalinan juga penting untuk menjaga dan mempersiapkan pikirannya. Dianjurkan untuk ibu hamil untuk selalu berpikiran positif dan yakin persalinannya lancar demi kesehatan sikecil pasca melahirkan. Jika si Ibu panik dan stress dikhawatirkan nanti malah bisa memengaruhi kesehatan janinnya dan mengganggu proses persalinannya.

 

Demikianlah beberapa tips yang perlu diketahui ibu hamil saat hendak melakukan persalinan. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *