Tidak semua orang mampu untuk membeli mobil baru, jadi mobil bekas menjadi pilihan yang lebih baik. Hanya saja perlu tips beli mobil bekas agar tidak banyak rugi.

Salah satu permasalahan dalam membeli mobil ialah harga yang melambung tinggi. Berbeda dengan mobil bekas yang memiliki perbedaan harga sampai setengahnya. Namun perlu tips beli mobil bekas supaya kantong tidak jebol karena banyak yang harus diperbaiki kembali.

Setidaknya mobil bekas yang diperdagangkan dalam setiap tahun mencapai angka 40 juta unit. Hal ini juga yang membuat calon pembeli untuk lebih teliti dalam mengecek semua kondisi mobil. Tak semua mobil memiliki kondisi yang siap pakai, ada beberapa kerusakan yang harus diperbaiki agar kembali paripurna.

6 Tips Beli Mobil Bekas

Bagi yang memiliki keuangan terbatas, mobil bekas tentu lebih terjangkau dibanding mobil baru. Namun ada kondisi tertentu yang tetap harus diwaspadai agar tidak mengalami kerugian akibat salah pilih. Berikut adalah 6 tips beli mobil bekas untuk panduan sebelum terlanjur membeli yang bermasalah.

Harga

Saat ingin memutuskan membeli, pertimbangkan dulu antara budget yang Anda miliki dan fitur yang diinginkan. Harga jual mobil umumnya bervariasi, tergantung pada merk serta fitur-fitur tambahan. Jika fitur yang dirasa masih belum terlalu penting, lebih baik skip terlebih dulu. Kecuali budget milik Anda sudah sesuai dengan harga tawaran penjual.

Dokumen

Jangan sepelekan masalah ini, kelengkapan dokumen adalah hal wajib sebelum membeli mobil. Baik berupa BPKB (bukti pemilik kendaraanbermotor) atau STNK (surat tanda nomor kendaraan). Pasalnya jika berani membeli mobil tanpa dokumen yang lengkap, maka harus siap mengorbankan waktu dan uang untuk membuatnya kembali. Belum lagi jika mobil ternyata belum lunas di pembiayaan.

Bawa Teman Yang Ahli Mesin Mobil

Selain memeriksa kondisi eksterior dan interior mobil, luangkan pula waktu untuk memeriksa kondisi mesin. Bila Anda kurang paham mengenai mesin mobil, bisa mengajak teman yang lebih ahli untuk memeriksa keadaannya. Kalau tidak ada teman yang memenuhi syarat, bisa dengan membawa mobil ke bengkel agar dapat mendapat kepastian.

Pajak

Banyak mobil yang ditawarkan dengan harga murah, biasanya karena pembayaran pajak bermasalah. Sebaiknya pertimbangkan ulang untuk mobil dengan pembayaran pajak yang terlambat ini. Ada biaya denda yang cukup besar, terlebih jika telat beberapa tahun.

Begini perhitungan denda pembayaran pajak, denda PKB = Biaya PKB x 25% x n/12. N merupakan jumlah bulan yang mengalami denda.Semakin banyak jumlah bulan, semakin banyak yang harus dibayar nanti. Sudah siapakah Anda untuk menanggung semua biaya telat pajak ini?

Asuransi

Walau hanya mobil bekas, tetap harus memiliki asuransi. Acap kali orang abai menggunakan perlindungan asuransi terhadap mobil bekas. Sehingga jika terjadi musibah kehilangan atau kerusakan, kerugian yang ditanggung mencapai 100%. Berbeda jika sudah ada asuransi, yang akan menanggung sebagian besar resiko bila mengalami kerusakan.

Pembayaran

Asa beberapa pembayaran yang bisa dibicarakan, bisa pembayaran tunai atau over kredit. Over kredit berarti melakukan jual beli secara sah ketika kendaraan tersebut masih dalam proses cicilan. Anda yang ingin melakukan over kredit, sebaiknya lakukan dengan sepengetahuan pihak ketiga atau pemberi kredit.

Over kredit tanpa izin dari lembaga keuangan terkait memang lebih mudah dan cepat prosesnya. Tetapi hal ini juga rawan memberikan kerugian bagi pembeli atau penjual. Terlebih lagi, proses ini juga melanggar hukum yaitu pasal 23 ayat (2) UU Fidusia.

Demikian 6 tips beli mobil bekas yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian. Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas berkualitas yang aman, bisa membeli di www.mobil88.astra.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *