Berikut ini foto foto gempa di Turki. Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,0 mengguncang pantai Turki dan pulai Samos, Yunani, Jumat (30/10/2020). Dikutip dari BBC.com , Sabtu (31/10/2020), akibat gempa ini dilaporkan setidaknya 22 orang tewas dan 786 luka luka.

Gempa menyebabkan rumah dan bangunan lainnya mengalami kerusakan berat. Pusat gempa dilaporkan berada di provinsi Izmir, Turki. Gempa ini juga memicu tsunami kecil sehingga membuat Izmir dan Samor mengalami banjir.

Pihak berwenang di Ismir saat ini mendirikan tenda untuk menampung sekitar 2.000 orang pengungsi. Orang orang khawatir bakal lebih banyak bangunan yang runtuh. Tim penyelamat terus menggali balok beton setelah kegelapan turun, berharap menemukan lebih banyak orang yang selamat.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa itu dirasakan hingga Athena dan Istanbul dengan kedalaman 10 km (enam mil), meskipun pejabat Turki mengatakan gempa itu berada 16 km di bawah tanah. Di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki dengan populasi hampir tiga juta, banyak orang terlihat berlarian ke jalan karena panik dan ketakutan setelah gempa melanda. Sementara dikutip dari , gempa tersebut juga memicu tsunami kecil di Seferihisar, kata Huseyin Alan kepala Teknisi Geologi Turki kepada kantor berita negara TRT seraya memperingatkan agar orang orang menjauh dari gedung.

Foto foto di media sosial menunjukkan air menggenangi jalanan Izmir karena gelombang pasang dari laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *