Selain dikenal sebagai artis, Ruben Onsu juga dikenal sebagai seorang pengusaha. Ruben Onsu memiliki banyak bisnis di luar dunia hiburan. Bahkan bisnis Ruben Onsu sudah memiliki ratusan cabang yang tersebar di Indonesia maupun di luar negeri.

Bisnis yang digeluti Ruben Onsu ini bergerak di dunia kuliner. Berbagai produk makanan telah diluncurkannya. Bisnis kuliner Ruben Onsu terbilang cukup sukses.

Dengan harga terjangkau, hampir seluruh lapisan masyarakat bisa menikmatinya. Dalam menjalankan bisnis kuliner ini, Ruben Onsu dibantu oleh sang adik, Jordi Onsu. Mereka sudah memperkerjakan ratusan karyawan di perusahaan tersebut.

Bisnis mereka pun semakin sukses. Meski ikut terdampak pandemi Covid 19, Ruben Onsu berusaha untuk tak melakukan PH terhadap para karyawannya. Kini Ruben Onsu banyak meluncurkan inovasi baru untuk bisnis kulinernya tersebut.

Dalam kanal YouTube Atiek Nur Wahyuni, Ruben dan Jordi menceritakan bisnis makanannya yang kini digemari masyarakat luas. Ruben dan Jordi mengaku sangat menggemari kuliner, baik itu lokal atau pun mancanegara. Karena kegemaran itu, keduanya membangun bisnis makanan pada 2013 dengan berjualan makanan Jepang jenis daging sapi.

Saat itu mereka juga sudah membuka lima cabang bisnis makanannya di Jakarta. Seiring berjalannya waktu, Ruben dan Jordi juga sempat mengganti menu menjadi masakan Indonesia. Kendati demikian, kata Ruben, besar maupun kecil modal yang mereka pakai, nominal pembelanjaan bahan bakunya tetap akan tinggi.

"Tapi kalau ngitungin harganya tuh kayak, mau ngambil untungnya juga sulit. Karena kita udah gede dari pengambilannya kan," ungkap Ruben. "Menurut aku, kalau sudah pertama kali keluarin gitu terus mau coba refresh dengan sesuatu yang baru, selama menggunakan nama itu, pasti susah," kata Ruben.

Sekarang, kata Ruben, Besar Food belum sepenuhnya berhenti beroperasi, tetapi mereka telah beralih ke makanan dengan menu ayam. Di sisi lain, Jordi mengakui besarnya bisnis makanan keluarga mereka disebut berkat nama besar sang kakak. Memperhatikan banyaknya penggemar dan masyarakat yang menjadi penonton Ruben, Jordi memanfaatkannya untuk membuat berbagai bisnis.

"Dari nama terkenalnya Koh Ruben, aku manfaatkan untuk akhirnya bisa muncul Geprek Bensu, Bensunda, Bensueger, dan semua Bensu yang nanti akan muncul," kata Jordi Onsu. Jordi pun menceritakan saat awal pertama kali mencari masyarakat yang ingin bermitra dengannya. Bermodalkan nama Ruben Onsu, Jordi menganalogikannya seperti ingin berjualan apartemen.

Jordi mengatakan, ia sama sekali tidak perlu memperlihatkan gambar makanannya. Hanya dengan sekejap, langsung banyak orang yang tertarik dan menghubunginya. "Yang mereka temuin kan adiknya, trust nya akhirnya aku bangun di situ.

Aku sampai sekarang ada 130 mitra, aku hafal semuanya," tutur Jordi Onsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *