Menjadi pengidap penyakit diabetes, tentu akan lebih pemilih terhadap makanan yang Anda konsumsi. Ini bertujuan untuk membuat kadar gula darah lebih terkontrol. Selain menghindari makanan yang memicu diabetes, Asuransi Rawat Jalan My Protection juga akan membuat Anda lebih terjaga dari bahaya diabetes. Berikut pantangan makanan pengidap diabetes yang perlu Anda ketahui!

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Diabetes

Glukosuria adalah jenis penyakit kronis dengan kadar gula darah yang tinggi sebagai tandanya. Ada beberapa hal yang akan mengakibatkan gula darah menjadi meningkat dengan mudah, terutama karena makanan yang Anda konsumsi.

Pola makan yang berubah menjadi lebih tepat akan membantu Anda mengendalikan kadar gula. Dengan memilih makanan secara cermat, gula darah pun akan aman. Selain itu, Anda juga harus menghindari pantangan makanan pengidap diabetes. Berikut beberapa makanan yang pantang untuk penderita glukosuria.

1. Makanan Berbahan Manis

Makanan dengan bahan baku dan rasa yang manis adalah jenis makanan yang mengandung gula. Sebagai contoh, martabak, es krim, kue, kukis, dan makanan manis lainnya. Gula menjadi karbohidrat yang paling cepat tercerna oleh tubuh, sehingga menyebabkan glukosa semakin mengendap.

Jika seperti itu, maka mengkonsumsi makanan manis akan mengakibatkan kadar gula pada penderita gula menjadi semakin naik. Bahkan, makanan manis biasanya terbuat dari berbagai bahan dengan jenis gula yang bervariasi. Sehingga, kandungan gulanya akan lebih tinggi.

Selain itu, makanan manis juga tinggi akan kalori, sehingga dapat mengakibatkan berat badan naik. Dengan demikian, penderita glukosuria harus menghindari dan juga menurunkan berat badan agar gejala dapat teratasi.

2. Memiliki Kandungan Lemak Trans

Makanan dengan kandungan lemak trans yang berlebihan, akan menjadi pantangan makanan pengidap diabetes berikutnya yang harus Anda hindari. Antara lain seperti gorengan, kentang goreng, keripik kemasan, dan makanan lainnya.

Sebagian besar, lemak trans cenderung dapat Anda temukan pada selai, margarin, dan makanan yang melalui pengawetan.Terdapat kombinasi dari karbohidrat dan minyak goreng, sehingga membuat lemak trans tidak baik untuk gula darah tubuh manusia.

Walaupun tidak secara langsung membuat gula darah naik, lemak trans adalah salah satu pemicu munculnya sindrom metabolik dan resistensi insulin. Yakni penyebab dari terjadinya penyakit gula.

Makanan yang memiliki kandungan ini juga akan memicu risiko kerusakan pada pembuluh darah serta berkurangnya kadar kolesterol baik jenis HDL. Dengan tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak trans, Anda dapat mencegah gejala datangnya penyakit kardiovaskuler.

3. Buah-Buahan Kering

Meskipun buah-buahan adalah makanan yang sehat untuk tubuh, namun ternyata buah kering tidak bagus untuk menjadi camilan. Terutama bagi penderita diabetes.

Buah akan mengalami proses yang dapat menghilangkan kadar air. Dengan begitu, kandungan gizi, vitamin, dan mineral asli dari buah akan hilang.

Sebenarnya, tidak hanya pantangan makanan pengidap diabetes saja yang perlu Anda hindari, namun perhatikan juga cara penyajiannya, ya. Yuk, lebih berhati-hati karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.