Platform e commerce Mbizmarket yang dikembangkan oleh PT Brilliant Ecommerce Berjaya dan Pemprov Jawa Timur mulai mengimplementasikan belanja di toko online melalui program Jatim Bejo atau Jawa Timur Belanja Online. CEO Mbiz, Rizal Paramarta mengatakan, di program ini pihaknya menggandeng rekanan strategis Mbizmarket di bidang keuangan untuk membuka akses pinjaman modal, membantu pelaku UKM yang mengalami keterbatasan permodalan. Selain menyediakan infrastruktur teknis platform Mbizmarket dan dukungan transaksi bagi pemerintah provinsi, kota dan kabupaten di Jawa Timur, pihaknya juga akan membantu membuka jaringan pasar bagi UKM di Jawa Timur secara nasional.

"Kami berharap usaha ini dapat secara nyata mempercepat laju pemulihan UKM yang terdampak pandemi Covid 19," tutur Rizal melalui keterangan resmi, Kamis (19/11/2020). Program Jatim Bejo bertujuan meningkatkan akuntabilitas pengadaan barang/jasa melalui optimalisasi pemanfaatan e marketplace dalam bentuk toko daring. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dengan internalisasi ini diharapkan terjadi percepatan, stimulus ekonomi daerah, sekaligus orkestrasi dan mobilisasi budaya belanja online pada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat segera terwujud.

"Program ini juga diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif dalam peningkatan peran pelaku Usaha Mikro dan Kecil dan menciptakan perlindungan berusaha kepada Pelaku Usaha, baik Pelaku Usaha Kecil maupun Pelaku Usaha Non Kecil secara proporsional dan adil," ungkap Khofifah. Sebelumnya, Mbizmarket dipercaya Pemprov Jabar pada Januari 2020, disusul Pemprov Bali pada Juli 2020 untuk pengadaan barang dan jasa dari UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *