PT Bank Danamon Indonesia Tbk memberikan literasi keuangan kepada sekitar 200 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi virus corona (Covid 19). Direktur Syariah & Sustainable Finance Bank Danamon Herry Hykmanto mengakui bahwa pandemi sangat berdampak pada kondisi keuangan sra pelaku usaha kecil ini. Bahkan pada akhirnya, turut mempengaruhi kondisi kesehatan mereka karena bisa menimbulkan stres.

"Masa yang menantang ini tidak hanya berdampak kepada sisi finansial para pelaku UMKM, namun juga dalam segi kesehatan mental dan psikis para wirausahawan ini," ujar Herry, dalam keterangan resminya, Rabu (18/11/2020). Oleh karena itu, ia menggandeng sejumlah pihak, seperti Halodoc, Goplay serta Topkarir untuk memberikan bantuan literasi keuangan untuk menjadi bekal pengetahuan bagi para UMKM ini. "Untuk itu, kami bersama dengan mitra mitra kami yaitu Investree, Halodoc, Goplay, dan Topkarir memberikan bantuan yang mencakup kedua aspek kebutuhan mereka ini yang sama pentingnya," jelas Herry.

Ia pun berharap, kegiatan ini dapat memberikan dorongan dan inspirasi bagi para pelaku UMKM untuk membangkitkan kembali 'kesehatan finansial' mereka. Hal ini dilakukan agar mereka tetap bisa melanjutkan peran sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Rangkaian kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati World Kindness Day atau Hari Kebaikan Dunia yang jatuh pada 13 November 2020.

Kegiatan tersebut diawali sesi literasi keuangan bertajuk 'Transformasi Digital: Semua BISA Seimbang' pada 17 November 2020, dan dilakukan oleh Bank Danamon serta Investree. Para pelaku UMKM yang menjadi peserta dalam kegiatan literasi keuangan ini berasal dari sejumlah daerah, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Bandung, hingga Makassar. Selain memperoleh pembekalan literasi keuangan, para peserta juga memiliki kesempatan untuk melakukan konsultasi kesehatan, mendapatkan hiburan pelepas stres, serta akses terhadap materi dan sumber pengetahuan lainnya.

Dalam kegiatan ini, para peserta diberikan akses 30 hari menggunakan layanan Halodoc, termasuk melakukan konsultasi dokter secara online terutama terkait Covid 19. Kepada para pelaku UMKM ini, Halodoc juga memberikan paket Halofit, yaitu paket suplemen harian, seperti vitamin C untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Chief Marketing Officer Halodoc, Dionisius Nathaniel mengatakan bahwa pihaknya meyakini bahwa percepatan penanggulangan pandemi dapat tercapai dengan kolaborasi lintas sektor yang kuat.

"Oleh karena itu, menjadi suatu kehormatan bagi Halodoc dapat menjadi bagian dari inisiatif Danamon 'World Kindness Day' yang tidak hanya berfokus dalam upaya membantu pemulihan ekonomi, namun juga tetap memperhatikan aspek kesehatan para pelaku UMKM," kata Dionisius. Selain itu, para peserta juga memperoleh akses selama 30 hari terhadap layanan streaming GoPlay sebagai sarana hiburan dan menjaga kesehatan mental. Begitu pula Topkarir yang juga memberikan akses keanggotaan selama 30 hari, sehingga para peserta bisa mendapatkan konsultasi dengan para pakar karir dan profesi.

Pada kegiatan sebelumnya, Bank Danamon juga menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) dan Gojek dalam menghadirkan webinar kepada merchant merchant Gojek agar tangguh melawan pandemi Covid 19 melalui transformasi digital. Bank Danamon juga telah memberikan donasi lebih dari 11.000 APD yang sebagian bekerja sama dengan Lembaga Seadaya Masyarakat (LSM) Indonesia Kuat, dan 12.000 paket sembako yang disalurkan di wilayah kerja di 26 provinsi. Bank Danamon juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BP Jamsostek dalam menyalurkan asuransi kepada 10.000 relawan Covid 19 di bawah koordinasi BNPB.

Serta berkolaborasi dengan BenihBaik dan YABB, untuk menyalurkan bantuan kepada para pengemudi online Grab dan Gojek dalam bentuk donasi tunai sebesar lebih dari Rp 1 Miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *