Gula Pasir Rafirmasi adalah gula yang biasanya digunakan untuk keperluan industri makanan dan minuman. Gula pasir rafinasi ini dapat diketahui dari ciri-cirinya yang khas seperti yang digambarkan pada yang ada berikut ini.

  • Warnanya yang Putih

Warna putih bersih pada gula ini memang sudah tak diragukan lagi. Dibandingkan dengan jenis gula lainnya pemanis ini memjadi yang paling putih. Dikarenakan gula ini diolah dari gula mentah. Sehingga menghasilkan gula seperti ini. Maka tak heran jika banyak industri makanan dan minuman yang memanfaatkannya.

  • Tekstur yang Begitu Halus

Bukan hanya putih namun juga halus. Inilah ciri yang terkenal dari gula pasir rafinasi. Suatu ciri khas yang tak bisa ditandingi oleh gula lainnya. Gula ini memiliki butiran-butiran kristal yang halus dan lebih kecil. Diolah dari gula mentah berbahan tebu. Hal inilah yang membuat produk ini menjadi sangat halus ketimbang gula lainnya.

  • Tidak Begitu Manis

Diolah dari gula mentah berbahan tebu menjadi alasan mengapa gula ini tak semanis gula lainnya. Kandungan molase yang ada pada gula pasir rafinasi juga cukup rendah jika dibandingkan dengan gula lainnya. Maka tak heran kalau gula ini memiliki rasa manis yang tak begitu kuat.

  • Biasa Digunakan untuk Keperluan Industri

Sudah bukan rahasia lagi kalau si Manis ini menjadi andalan untuk membuat produk makanan dan minuman kemasan. Warnanya yang putih dan teksturnya yang halus menjadi alasannya. Harganya yang murah meriah juga ikut serta menjadi faktor gula ini digemari oleh para pihak industri makanan dan minuman.

  • Tak Aman Jika dikonsumsi Secara Berlebihan

Benarlah kata pepatah yang mengatakan “berlebihan itu tidak baik”. Buktinya ada beberapa akibat yang ditimbulkan dari konsumsi gula pasir rafinasi secara berlebihan. Misalnya, obesitas, diabetes, osteoporosis, kolesterol, hingga gangguan jantung. Selain itu juga dapat menyebabkan penuaan dini, kulit kusam, dan menurunnya kesehatan kulit.

Gula pasir rafinasi memang memiliki keunggulan dan kekurangan. Jika Anda ingin menggunakan gula sebaiknya gunakan gula pasir biasa saja dan tetaplah patuhi peraturan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *