Susu ialah minuman yang kaya manfaatnya, karena itu banyak yang mengkonsumsinya dengan teratur. Apa lagi untuk Ibu yang sekarang ini sedang memiliki kandungan, konsumsi susu untuk ibu persiapan hamil jadi hal yang paling dianjurkan. Tentu saja susu yang di minum pada periode kehamilan berlainan dengan susu biasa, yakni susu ibu hamil yang memiliki kandungan beragam zat dan gizi yang diperlukan oleh Ibu dan janin selama saat kehamilan dalam kandungan yang tepat.

Paling tidak ada 6 alasan kenapa ibu hamil perlu konsumsi susu hamil dengan teratur, yakni:

1. Memenuhi keperluan gizi ibu hamil

Tiap-tiap jenis gizi yang Ibu perlukan saat periode kehamilan mempunyai perannya masing-masing serta harus tercukupi sesuai kandungan yang dianjurkan. Dengan tercukupinya gizi, Ibu akan terbebas dari permasalahan anemia, kerusakan tulang, resiko terserang infeksi, dan beragam permasalahan yang lain kemungkinan dirasakan selama saat kehamilan.

2. Memenuhi keperluan gizi janin

Bukan hanya Ibu saja yang memerlukan gizi, janin dalam kandungan Ibu memerlukannya untuk proses perkembangan. Tidak tercukupinya gizi ini akan membuat kemajuan janin jadi terhalang. Janin dapat alami cacat, plasenta yang tidak berkembang secara baik, terusiknya kemajuan otak atau organ lain, dan beragam permasalahan yang lain.

3.Menurunkan mual

Banyak yang menduga jika susu akan makin memperparah mual yang dirasa saat hamil. Walau sebenarnya hal itu tidak betul, loh. Susu hamil mempunyai formula khusus yang berguna untuk menangani permasalahan ini. Misalkan saja seperti susu Anmum Emesa yang memiliki kandungan vitamin B6 dan protein hingga efisien untuk kurangi mual saat hamil.

4.Menghindari beberapa penyakit

Susu ibu hamil memiliki kandungan protein dalam takaran tinggi tetapi tidak terlalu berlebih, yang penting untuk tingkatkan ketahanan badan Ibu. Ini akan membuat Ibu terbebas dari beragam jenis penyakit yang kerap menyerang saat kekebalan menurun. Selain itu, menurut hasil riset yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, ibu hamil yang teratur konsumsi minimal 150 mililiter susu sehari-harinya berkadar insulin yang tinggi dan resiko ibu hamil menderita diabetes melitus type 2 jadi berkurang.

5. Memperlancar ASI

Fungsi yang lain bisa dirasa ialah saat setelah melahirkan. Pasalnya air susu ibu semakin lebih lancar keluar karena ada kandungan kalsium yang ada dalam susu ibu hamil. Air susu ibu yang kurang lancar memang kerap membuat risau dan membuat ibu jadi lebih takut karena mencemaskan nutrisi sang kecil. Tetapi, susu rupanya bisa menolong tingkatkan produksi ASI ibu hingga nutrisi si anak dapat tercukupi secara baik.

6. Membantu perkembangan anak

Rupanya konsumsi susu hamil bukan hanya berpengaruh baik pada periode kehamilan saja, tapi juga mempunyai pengaruh periode panjang pada anak. Menurut hasil riset yang sudah dilakukan pada 809 ibu hamil, didapat hasil jika ibu hamil yang konsumsi susu hamil minimal 150 mililiter setiap harinya mempunyai perkembangan yang bagus sampai umur remaja. Anak itu biasanya semakin tinggi dibanding dengan anak dari ibu hamil yang tidak konsumsi susu hamil selama saat kehamilan. Hasil riset ini tertera dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Jelas sudah jika konsumsi susu ibu hamil tidak dapat diacuhkan begitu saja saat Ibu memiliki kandungan. Bahkan juga United States Department of Agriculture merekomendasikan supaya Ibu konsumsi tiga gelas susu hamil setiap harinya supaya keperluan gizi selama saat kehamilan bisa tercukupi.

Itulah informasi tentang manfaat minum susu untuk ibu hamil. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *