Penghitungan suara dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) masih terus berlangsung, Rabu (4/11/2020). Terkini, hasil sementara menunjukkan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mengungguli petahana Donald Trump, baik dalam perolehan electoral votes dan popular votes. Dilansir The New York Times (NYT), Biden disebut meraih 213electoral votes.

Perolehan ini mengungguli Trump yang meraih 174 electoral votes. Masih tersisa 151 electoral votes yang dapat diperebutkan oleh keduanya. Dalam Pilpres AS, seorang capres akan bisa menang dengan mendapatkan setidaknya 270 electoral votes dari total 538 electoral votes yang ada.

Selain itu, berdasarkan data NYT, Biden juga unggul dalam perolehan popular votes atau perolehan suara langsung dari pemilih di Negeri Paman Sam. Biden mendapatkan lebih dari 60juta suara atau setara 49,7 persen untuk popular votes, sementara Trump mendapatkan lebih dari 59 juta suara atau setara 48,6 persen. Tak hanya NYT, Fox News juga melaporkan Biden unggul dalam perolehan electoral votes dan popular votes atas Trump.

Versi Fox News menyatakan Biden saat ini telah meraih237 electoral votes. Trump sendiri terus mengejar dengan meraih 210 electoral votes. Sementara untuk perolehan popular votes, Fox News menyebut Biden telah mendapatkan lebih dari 61 juta suara atau setara 49,8 persen popular votes. Trump disebut mendapatkan lebih dari 60 juta suara atau setara 48,6 persen popular votes. (NYT/Fox News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *