Gejala gejala pasien terjangkit virus corona (covid 19), mirip dengan gejala alergi pada anak, baik itu alergi karena cuacaatau makanan. Beberapa gejala yang hampir mirip, di antaranya adalah peradangan di bagian saluran pernapasan seperti batuk dan pilek. Lalu bagaimana membedakan sakit pada anak karena alergi dan karena covid 19?

Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes. – Konsultan Alergi dan Imunologi Anak menjelaskan yang pertama perhatikan waktu batuk dan pilek pada anak. Kalau batuknya muncul hanya pada malam hari itu dikarenakan alergi tapi kalau batuk dan pileknya karena covid 19 muncul sepanjang hari. "Jadi membedakannya batuk pilek terjadi sepanjang hari covid 19 kalau alergi pada malam hari saja," ucap dr. Budi saat webinar Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju, Senin (29/6/2020).

Kemudian bisa dibedakan juga dari tekstur ingus dan dahak yang dikeluarkan anak yaitu lebih kental dan berwarna kalau disebabkan oleh infeksi covid 19. Sedangkan ingus maupun dahak akibat alergi pada anak tidak berwarna dan lebih encer seperti air yang keluar satu waktu saja malam atau pagi hari. Dr. Budi juga memberikan tips anak yang sakit karena infeksi seperti covid 19 akan disertai dengan kenaikan suhu badan atau demam. Sedangkan pada alergi suhu badan normal saja tidak diikuti kenaikan suhu badan sama sekali.

"Jadi gini cara gampang membedakannya kalau infeksi (covid 19) itu disertai dengan demam, alergi tidak ada demam," ungkap dr. Budi. Kasus Covid 19 yang jumlah orang tertularnya di Indonesia masih mengalami penambahan yang tinggi ini juga bisa menyerang anak anak. Sebagai langkah pencegahan karena sampai saat ini belum ada vaksin dan obatnya, anak anak perlu diajarkan gaya hidup bersih dan sehat.

Orang tua juga sebaiknya tidak membawa anak keluar rumah dulu apalagi pergi ke mall untuk mengantisipasi penularan covid 19. "Jangan bawa anak keluar ke mall dulu, pastikan anak di rumah saja," pungkas dr. Budi. Jika anak mengalami gejala mirip covid 19 seperti yang disebutkan di atas apalagi habis keluar rumah segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *