Panasonic telah merilis beberapa seri kamera full-frame. Tiga kamera Lumix S yang tersedia dengan harga premium memang ditujukan untuk para profesional. Namun awal bulan September lalu, perusahaan yang didirikan pada 1918 itu meluncurkan seri baru, yaitu Lumix S5, dengan harga yang lebih terjangkau.

Dibandingkan dengan Lumix versi S1 maupun S1H, Panasonic Lumix S5 jauh lebih ringan, lebih kecil dan tentu saja lebih murah, tapi juga cukup serbaguna. Berkat sensor yang sama dengan dua seri lainnya. Panasonic mengandalkan kamera ini sebagai kamera hybrid. Sehingga cocok untuk Anda yang suka mengambil foto dan video dengan praktis dalam satu perangkat.

Dimensi Panasonic Lumix S5

Secara Dimensi, Lumix S5 memang lebih kecil dari semua seri Micro Four Third, GH5. Selain itu, bodi yang menggunakan material Magnesium alloy yang sangat ringan, namun bisa tahan dengan berbagai kondisi cuaca. Mirrorless ini bahkan sedikit lebih ringkas daripada Lumix GH5, perlu Anda ketahui kalau ukuran sensornya sangat berbeda jauh (GH5 hanya menggunakan Micro Four Thirds).

Selain itu, Panasonic memastikan kalau Lumix S5 tetap dibekali dengan weather sealing. Karena ukurannya yang lebih kecil, baterai dari S5 tidak sekuat seri sebelumnya, Panasonic menyatakan kalau daya tahan baterainya hingga 440 bidikan.

Viewfinder elektronik juga tidak setajam seri sebelumnya, dengan resolusi standar hanya 2,36 juta dot. Dimensi layar sentuhnya juga lebih kecil yaitu 3 inci dengan resolusi 1,84 juta dot, namun engselnya dapat diputar ke segala arah, sehingga sangat ideal untuk merekam video.

Lebih  pentingnya lagi, Lumix S5 juga dilengkapi dengan jack headphone serta mikrofon (yang bisa disambungkan melalui koneksi XLR menggunakan adaptor) serta dua slot kartu memori secara bersamaan. Sayangnya, hanya satu soket yang mendukung tipe UHS-II, dan port HDMI juga tidak full size.

Spesifikasi Panasonic Lumix S5

Panasonic memposisikan Lumix S5 sebagai kamera hybrid yang dapat Anda andalkan untuk fotografi dan pembuatan film. Mirrorless ini dilengkapi dengan sensor full-frame 24MP yang sama setara dengan seri sebelumnya, serta didukung dengan sensitivitas ISO 100 hingga 51200 dan dukungan teknologi Dual Native ISO. Yang masih dipertahankan adalah sistem image stabilization internal 5-axis yang dapat disesuaikan dengan stabilisasi lensa bawaan.

Salah satu bagian yang diperbaiki oleh Panasonic adalah autofocus, yang dikatakan lebih cepat dan responsif pada seri ini. Adanya fitur head tracking akan meningkatkan kinerja sistem autofocus dan juga dapat digunakan selama perekaman video.

Untuk Anda penggemar fotografi landscape, Lumix S5 juga menawarkan mode resolusi tinggi yang memungkinkan Anda membuat foto hingga 96MP. Kemudian, untuk videografer, S5 mendukung perekaman V-Log atau HLG, sehingga Anda lebih leluasa dalam menerapkan color grading selama proses editing video.

Resolusi video maksimum yang dapat dihasilkan adalah 4K 30fps atau 4K 60fps dengan crop factor yang setara dengan kamera APS-C. Dari sudut pandang sederhana, kemampuan perekaman videonya sangat mirip dengan seri Lumix S1H, kecuali resolusinya terjebak pada 4K, bukan 6K. Komponen penting yang tidak boleh ketinggalan, seperti dukungan untuk video 10-bit dengan chroma sub-sampling 4:2:2, masih tersedia di seri Lumix S5.

Harga panasonic Lumix S5

Kamera ini sudah mulai dijual di seluruh dunia sejak pertengahan September 2020. Harga yang dibanderol sekitar USD 1.999 untuk body only dan USD 2.299  untuk set lensa kit Lumix S 20-60mm f/3.5-5.6.Kurang lebih Panasonic Lumix S5 lebih murah Rp. 7 jutaan dibandingkan dengan Lumix S1.

Namun tetap hadir dengan fitur fotografi dan videografi  canggih yang dipadukan dengan bodi yang lebih ringan dan lebih kompak. Ini membuat kamera ini cocok untuk Anda yang suka membuat konten, baik foto maupun video.

Jika Anda tertarik untuk membeli Panasonic Lumix S5, Anda bisa membelinya di Blibli.com dengan harga mulai dari Rp28 jutaan untuk yang body only. Apabila Anda ingin membeli satu set body beserta dengan lensa kit Lumix S 20-60mm f/3.5-5.6 seharga Rp32 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *