Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan menjamin keberlangsungan pasokan logistik ke seluruh wilayah Indonesia di tengah pandemi melalui program tol laut. "Tol laut tentunya diharapkan dapat menjaga pasokan logistik, dalam situasi sulit saat ini ke seluruh Indonesia," kata Budi dalam keterangannya, Minggu (21/6/2020). Menurut Budi, industri pelayaran memiliki peran penting mendukung program tersebut, karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang terhubung melalui jalur laut.

"Maka dari itu kita harapkan pelayaran swasta nasional bisa ikut aktif, dalam program Tol Laut dengan melayani beberapa trayek yang diselenggarakan Kemenhub," kata Budi. Saat ini Kemenhub, lanjut Budi, telah berupaya semaksimal mungkin agar tol laut dapat lebih baik memberikan layanan kepada masyarakat. "Baik masyarakat yang ada di belahan Indonesia Timur, dan seluruh wilayah Indonesia lainnya yang sulit diakses melalui jalur udara dan darat," ucap Budi.

Selain itu Budi menjelaskan, dalam memaksimalkan tol laut, dibutuhkan peran semua pihak agar dapat memaksimalkan kapasitas angkut yang ada di dalam kapal sehingga dapat menurunkan disparitas harga. Budi mengungkapkan, beberapa waktu lalu Bupati Pulau Morotai meminta tambahan singgah rute kapal tol Laut ke daerahnya dan ini langsung kita respon, dari yang sebelum satu rute menjadi dua rute. "Kami berharap tambahan rute ini dapat meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat, sebab kita ketahui kalau Pulau Morotai sangat bagus hasil lautnya," ujar Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *