Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) menyatakan, pandemi Covid 19 menimbulkan tiga dampak terhadap perekonomian, yaitu penurunan pertumbuhan ekonomi, peningkatan pengangguran, dan peningkatan kemiskinan. Untuk itu, pemerintah diminta harus segera menyiapkan program dan kebijakan pemulihan perekonomian secara cepat dan tepat. Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming mengatakan, pihaknya meminta pemerintah, khususnya dari program kartu pra kerja agar karyawan UMKM yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa diikut sertakan.

"Pembicaraan kita di Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi di 34 pengurus provinsi, satu diantaranya masalah program kartu pra kerja. Kita mau paling tidak karyawan UMKM yang di PHK bisa diikut sertakan ke dalam program kartu pra kerja," ujarnya saat teleconference bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Menurutnya, karyawan UMKM yang di PHK dan ikut serta ke dalam program kartu pra kerja diharapkan tidak perlu sampai 100 persen. Namun, paling tidak ada karyawan UMKM yang di PHK yang masuk dalam program kartu pra kerja tersebut. Anak anak Hipmi, dimana pengusahanya adalah pengusaha muda dan rata rata semua UMKM," kata Maming.

Maming menambahkan, masih banyak yang usahanya tidak bagus karena pandemi Covid 19, sehingga kolaps atau tidak bisa membayar anggaran ke bank. "Karena itu, kita perlu perhatian khusus dari pemerintah, khususnya pengusaha pengusaha kecil. Kalau pengusaha besar menurut saya boleh dikasih perhatian, tapi tidak bisa dikasih perhatian penuh," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *