Hampir setiap tahun, sebuah smartphone mengalami perubahan. Produk ponsel baru menjadi menggiurkan saat ditawarkan dengan komponen yang lebih bertenaga. Sistem operasi yang lebih baru hingga teknologi lainnya yang lebih canggih.

Lalu bagi kamu yang mudah tergoda dengan iklan ponsel baru pasti kamu akan tergiur untuk membelinya. Mengganti ponsel lamamu dengan ponsel baru. Padahal ponsel lama pun sebenarnya belum terlalu tua.

Sebenarnya ada patokan kapan waktu yang tepat buat kamu mengganti ponsel lama dengan ponsel baru. Alasan pertama karena mengganti ponsel tiap tahun bisa dibilang boros. Kecuali bagi kamu yang mempunyai dana lebih untuk berganti ponsel tiap tahun.

Namun terlepas soal dana, perkembangan teknologi smartphone dalam satu tahun itu sebenarnya terlalu kecil. Apalagi untuk harga yang harus dibayarkan. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi hardware dan software (sistem operasi, aplikasi, dan game) smartphone dalam satu tahun itu tidak terlalu besar bedanya.

Perkembangan teknologi ponsel pintar baru mulai terasa besar setelah 2 tahun lebih. Sebagai contoh, tahun lalu di 2019, banyak smartphone di kelas menengah dan atas sudah dibekali dengan memori 3 4GB. Dan di tahun 2020 ini standar memori juga masih sama.

Bandingkan dengan ponsel pintar yang dirilis 2 tahun silam, alias di 2018. Teknologi dan performa smartphone kelas atas di tahun 2085, sekarang sudah bisa dibeli dengan harga untuk kelas menengah. Hal ini berarti, dalam jangka waktu kira kira 2 tahun, sebuah ponsel telah mengalami perubahan yang tentunya diiring dengan kenaikan harga jual.

Sementara untuk ponsel dengan teknologi lama justru dapat dibeli dengan harga lebih rendah dibanding dengan harga pertama rilis. Namun ada kondisi tertentu yang mengharuskanmu untuk mengganti ponsel pintar. Yaitu saat performa ponsel mu sudah menurun sebelum memasuk usia 2,5 tahun.

Misalnya, saat smartphone mu harus di charge tiap 3 jam. Atau sudah tak bisa memainkan game game terbaru. Jika kamu punya dana lebih, kamu bisa mengganti ponsel lama mu dengan HP keluaran terbaru.

Namun saat beli HP baru, kamu juga perlu memperhatikan tanggal rilisnya. Jangan sampai menyesal saat kamu sudah terlanjur beli sebuah HP, ternyata beberapa hari setelah itu ada ponsel pintar yang lebih canggih resmi di rilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *