Resign dari perusahaan milik orang lain kemudian membuka usaha sendiri, adalah mimpi sebagian besar karyawan. Memiliki bisnis baru dan mengelolanya sendiri, tanpa diperintah orang lain, lalu menjadi pengusaha sukses. Siapa yang tidak ingin? Namun sebelum bermimpi semakin jauh, persiapkan dulu usaha tersebut. Salah satunya ketika ingin sewa tempat usaha nanti.

Membuka usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan banyak faktor penentu agar usaha yang dibuka tersebut bisa semakin besar dan sukses. Tempat yang tepat juga memengaruhi kesempatan agar usaha Anda bisa semakin sukses. Jadi jangan pernah sampai salah pilih tempat untuk menjalankan usaha.

Lokasi yang cocok untuk membuka usaha ini bisa disesuaikan dengan keperluan Anda. Bila ingin membuka bengkel, sebaiknya pilih lokasi yang ramai. Namun bila ingin membuka pabrik, bisa mencari tempat yang sedikit sepi. Tempat tersebut tidak harus milik sendiri, bisa juga dengan menyewa lahan milik orang lain.

7 Tips Sebelum Memilih Sewa Tempat Usaha

Pada masa pandemi seperti saat ini, hampir sulit untuk melamar pekerjaan di pabrik atau perusahaan besar. Kebanyakan perusahaan tersebut untuk memilih bertahan dengan karyawan yang ada, tidak lagi mencari orang baru. Dalam kondisi begini, yang paling tepat adalah membuka usaha sendiri. Lalu bagaimana caranya agar usaha itu bisa sukses? Simak tips memilih sewa tempat usaha yang akan diuraikan berikut ini.

Lokasi tempat usaha

Seperti yang sempat diulas pada kalimat di atas sebelumnya, lokasi yang dipilih memiliki faktor penentu saat membuka usaha. Lokasi yang paling disarankan umumnya terletak dekat dengan perumahan ramai. Pasalnya pada tempat tersebut banyak terdapat kumpulan orang maupun komunitas. Transaksi bisnis pun peluangnya lebih besar karena banyak terdapat aktivitas.

Selain perumahan, lokasi lain yang bagus adalah lokasi yang disekelilingnya sudah banyak tempat usaha yang didirikan. Dengan begini calon konsumen juga dapat ditemukan dengan lebih mudah. Dampaknya usaha Anda juga menjadi lebih mudah dikenali karena terletak pada tempat tepat. Namun sebelumnya pastikan dulu karakter warga setempat dengan jenis usaha yang akan dibuka..

Biaya sewa

Meski tidak membeli lahan tersebut dan hanya menyewanya saja, Anda tetap perlu mempertimbangkan biaya yang keluar. Walaupun tidak semahal membeli sendiri, biaya sewa juga sebaiknya sesuai dengan lokasi yang ditawarkan. Bila terlalu mahal, namun kondisi lingkungannya kurang aman, lebih baik memilih tempat lain yang memberi keuntungan lain.

Namun jika lokasi tersebut memang ramai juga cocok untuk membuka usaha, Anda dapat mempertimbangkan untuk segera menyewa. Tempat yang ramai serta strategis untuk didatangi oleh calon konsumen, biasanya memang sedikit lebih mahal. Walau begitu biaya yang dikeluarkan akan setimpal dengan pemasukan nantinya.

Tidak perlu tergiur dengan tempat yang ditawarkan dengan harga murah namun berada di lokasi yang kurang bagus. Calon konsumen akan kesulitan menemukan tempat Anda, sehingga dibutuhkan waktu agar usaha tersebut dikenal orang. Waktu dan biaya yang dikeluarkan pun menjadi terbuang percuma.

Perizinan usaha

Tips ketiga yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha di lokasi yang telah ditetapkan adalah perizinan tempat usaha. Meski berada di tempat yang strategis, banyak konsumen yang datang, namun runyam jadinya jika tidak ada izin membuka usaha.

Hal tersebut bisa membuat usaha Anda rawan diusir oleh petugas yang berwenang. Pasalnya tidak memiliki surat perizinan yang sah, sedang Anda sudah mengeluarkan biaya sewa dalam nilai lumayan banyak. Jadi sebaiknya periksa terlebih dulu perizinan yang ada, lalu pastikan keasliannya.

Faktor keamanan

Hal keempat yang wajib diketahui saat ingin mencari lokasi usaha adalah faktor keamanan pada tempat tersebut. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena konsumen bisa menjadi kurang berminat untuk datang ke lokasi yang kurang aman keadaannya.

Faktor keamanan yang dibahas adalah berupa aman dari berbagai kemungkinan tindakan kriminal. Misalnya copet, pencuri atau semacamnya. Lokasi yang tidak aman bisa membuat konsumen merasa khawatir bahkan takut untuk bertandang ke tempat usaha Anda.

Selain itu aman juga dari pungutan liar oleh orang yang tidak berhak. Pungutan liar, meskipun jumlahnya tidak banyak namun jika sering dilakukan. Bisa menambah banyak biaya yang harus dikeluarkan selain biaya sewa. Sehingga menimbulkan permasalahan baru bagi usaha yang baru dijalankan.

Selain itu lokasi tersebut juga harus aman dari kemungkinan bencana alam, misalnya rawan terkena banjir. Jadi saat mencari lokasi usaha, Anda bisa bertanya terlebih dulu ke pemilik gedung tersebut untuk memastikan keamanannya. Dapat juga bertanya pada warga sekitar, atau langsung kepada pengurus RT.

Kebersihan lokasi usaha

Tempat yang bersih tentu membuat para konsumen atau pelanggan lebih nyaman. Sebaliknya gedung yang kotor, berlumut dan berbau tidak enak bisa menimbulkan dampak negatif bagi usaha. Sebaiknya Anda periksa dulu kebersihan gedung yang ingin Anda sewa untuk membuka tempat usaha tersebut.

Pemeriksaan bisa dimulai dengan memeriksa bagian dalam gedung kemudian daerah sekitar. Periksa juga setiap sudut untuk memastikan kebersihan tempat tersebut. Sebaiknya lokasi yang Anda pilih ini tidak berada di dekat pembuangan sampah maupun limbah. Pasalnya aroma yang ditimbulkan dapat membuat calon konsumen enggan untuk mampir.

Demikian informasi dan tips yang bisa dijadikan panduan ketika ingin sewa tempat usaha. Semoga tips yang diberikan dapat membantu Anda untuk mencari lokasi usaha yang tepat, sehingga bisnis pun bisa berjalan dengan lancar. Bila Anda ingin mencari ruang usaha, bisa menghubungi situs rumah.com. Website ini menyediakan informasi lengkap tentang tempat usaha yang disewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *