Pemain sinetron Lutfi Agizal tengah menjadi sorotan. terkait kata 'Anjay. Jagat maya pun trending kata ini dan KPAI. Ternyata netizen salah paha,.Mengapa? Pro kontra tentang sikap Komnas PA pun bergulir di linimasa twitter. Akun @heliostears menulis,"Hira ngajak ribut KPAI."

Ada juga yang menyoroti banyak fakta anak jalanan, namun KPAI masih mengurus kata anjay. "Mereka(KPAI) malah sibuk ngurusin kata Anjay," tulis akun IyusRuswanda9 sambil memajang video pelajar berseragam sekolah dasar mencari rezeki di jalan. Tapi, ada yang pro. Seperti ditulis akun @finnif_thou Keknya orang2 pada mocking KPAI gegara press release "anjay"

Gak tau kenapa, padahal KPAI ngebolehin loh bilang anjay kalau bkn bermakna bullying kek "anjay mabar" atau "anjay bagus juga". Entah mereka males baca full ato gmn Sorry, gua memihak KPAI. Please, educate yourself Usai trending KPAI, rupanya ada netizen yang jeli menyoroti kemarahan netter pada KPAI

Akun twitter @muyutumuyu menulis Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) tuh beda dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) .. Logonya aja beda._. Kyknya pernyataan tentang "anjay" itu ga ada sangkut paut sama KPAI Wajah terbalik Ketua Komnas PA dan ketua KPAI beda.. artinya surat ini dikeluarkan dari lembaga yg beda. Sebelum ngomel yuk teliti dulu; tulisnya lagi.

Akun @mrizawpratama juga mengingatkan Masih ada yg salah paham Ini Komnas PA: Ini KPAI: Berawal dari keresahan Lutfi Gizal tentang kata anjay.

Pacar anak Iis Dahlia ini menyoroti penggunaan kata 'Anjay' yang kini marak dilayangkan banyak orang terutama anak di bawah umur ke KPAI dan Komnas Anak. Aduan Lutfi Agizal itu pun cepat ditanggapi Komnas Perlindungan Anak (PA). Dalam laman media sosialnya, Komnas PA merilis imbauan agar khalayak berhenti menggunakan istilah atau kata 'Anjay'.

Dalam rilis tersebut, ada beberapa bahasan terkait kata 'Anjay'. Khayalak diminta memperhatikan banyak hal sebelum mempergunakan kata 'Anjay' dalam kalimat sehari hari. "Penggunaan istilah "ANJAY" harus dilihat dari berbagai sudut pandang, tempat, dan makna,"

Jika kata 'Anjay' dimaksudkan sebagai kata pengganti ucapan salut atau bermakna kagum atau suatu peristiwa serta tidak mengandung kekerasan atau bully, maka penggunaannya bisa dimaklumi alias tidak apa apa. Namun jika istilah 'Anjay' digunakan sebagai sebutan untuk merendahkan martabat seseorang maka hal itu termasuk dalam salah satu bentuk kekerasan verbal yang dapat dilaporkan sebagai tindak pidana. "Oleh sebab itu harus dilihat perspektifnya, karena penggunaan istilah "Anjay" sedang viral di tengah tengah pengguna media sosial dan anak anak," tulis Komnas Anak dalam rilis.

Sebagai kesimpulan, Komnas Anak pun meminta khalayak untuk memperhatikan makna dari kata 'Anjay'. Karenanya, Komnas Anak mengimbau agar publik tidak lagi menggunakan kata 'Anjay' dalam kalimat sehari hari. "Jika istilah anjay mengandung unsur kekerasan dan merendahkan martabat seseorang adalah salah satu bentuk kekerasan atau bully yang dapat dipidana. Baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan, namun jika unsur dan definisi kekerasan terpenuhi. Sesuai dengan UU RI No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

Lebih baik jangan menggunakan kata Anjay. Ayo kita hentikan sekarang juga !!!" tulis Komnas Anak dalam rilis. Rilis yang diunggah akun Komnas Anak pun turut dibagikan kembali oleh Lutfi Agizal. Sebagai pejuang penolakan kata 'Anjay', Lutfi mengaku puas.

Ia pun berucap syukur karena akhirnya ada imbauan resmi soal pelarangan penggunaan kata 'Anjay'. "Alhamdulillah semoga semakin banyak yang peduli untuk generasi kita selanjutnya. Ini kisahku memperjungkan demi anak bangsa kita. Yukk kita sama sama peduli akan generation kita selanjutnya. Lebih baik mencegag bukan ? Toh inu juga demi bangsa kita. #Savenextgeneration !" tulis Lutfi Agizal. Lutfi Agizal pun mengunkap pengalaman pribadi yang menurutnya miris tentang kata Anjay.

Lutfi Agizal mendengar celotehan tetangganya yang masih di bawah umur menggunakan kata 'anjay' Hal itu diungkapkannya ketika menjadi bintang tamu di acara Apa Kabar Indonesia Malam. Untuk diketahui, nama Lutfi Agizal jadi sorotan publik setelah bahasannya soal makna kata 'anjay'

Menurutnya, kata tersebut harus dihentikan penggunaannya karena makna yang terkandung di baliknya. Di acara Apa Kabar Indonesia malam, Lutfi Agizal memaparkan pengalamannya saat mendengar anak di bawah umur menggunakan kata 'anjay' Saat menceritakan pengalaman tersebut, terlihat mata kekasih anak Iis Dahlia ini berkaca kaca.

Bahkan suara Lutfi terdengar seperti orang yang berusaha menahan tangis. "Kalau ditanya kenapa saya jujur miris," Dilanjutkan Lutfi, saat itu ia mendengar anak anak tetangganya tersebut mengutarakan kata 'anjay' ketika salah satu di antara mereka ada yang terjatuh.

"Dia ketika itu jatuh, terus teman sepantaran dia malah ngatain gini maaf ya saya harus ngomong 'haha sukurin kamu anjay'," cerita Lutfi. "Itu disaat orangtuanya sedang tidak dalam pengawasan," sambungnya. Lutfi merasa heran, darimana anak anak kecil tersebut mengetahui kata 'anjay'

"Di pikiran saya, anak kecil ini tau darimana? Saya pikir hanya di sosial media, TV, bahkan ada TV yang menyiarkan kalimat tersebut," "Saya hanya melihat, impact anak anak kecil ini bisa ikut ikutan. Karena di pikiran saya maaf 'anjay' itu mungkin adalah hewan berkaki empat yang orang tau 'anjing'," ungkapnya. Ini videonya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *