Simak cara membuat cilok yang kenyal dan empuk. Cilok yang enak tentunya harus terasa kenyal dan empuk. Namun, tak jarang cilok bisa menjadi keras jika kita salah dalam proses pembuatannya.

Lantas bagaimana cara membuat cilok agar kenyal dan empuk? Untuk membuat cilok, kita hanya membutuhkan bahan tepung, bawang putih, garam, ebi, dan air. Namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan tepung.

Biasanya untuk membuat cilok, kita menggunakan tepung sagu. Jika kita hanya menggunakan tepung sagu hasilnya akan jadi sangat kenyal. Tetapi kalau kekenyalannya dikurangi agar empuk, kita bisa menambahkan tepung terigu sedikit saja.

Perbandingan bahan tepung sagu dan tepung terigu adalah 4:1. Dengan begitu, kita pasti akan mendapatkan tekstur kenyal dan empuk yang pas pada cilok. Cilok harus direbus sampai mengambang di air rebusan.

Namun biasanya begitu cilok mengambang, kita akan langsung mengeluarkannya dari air rebusan. Padahal bisa jadi cilok tersebut belum matang betul. Kuncinya adalah membiarkan cilok mengambang selama beberapa menit sebelum diangkat dan hasilnya cilok pasti empuk kenyal saat dimakan.

Usahakan untuk membuat cilok dengan ukuran yang sama, karena jika tidak bisa saja ada cilok yang terlalu matang dan juga masih keras. Waktu: 45 Menit Sajian: 35 Buah

Bahan Kulit: 175 gram tepung sagu 100 gram tepung terigu protein sedang 2 siung bawang putih, dihaluskan 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk 1 1/4 sendok teh garam 3 batang kucai, diiris halus 225 ml air mendidih Bahan Bubuk Kedelai:

200 gram kedelai, direndam 2 jam 5 buah cabai merah keriting, dipotong potong 6 lembar daun jeruk 10 siung bawang putih, diiris, digoreng 1/2 sendok teh garam 1/4 sendok teh gula pasir Cara Membuat Cilok Bubuk Kedelai: Membuat kulit, campurkan tepung sagu, tepung terigu, bawang putih, kaldu ayam, garam, dan kucai, lalu aduk rata.

Tuang air panas sedikit sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat. Rebus di dalam air yang sudah mendidih hingga matang dan angkat. Untuk membuat bubuk kedelai, sangrai kedelai, cabai merah, daun jeruk, dan kemangi sampai kering dan matang.

Tambahkan bawang putih goreng, lalu blender sampai halus. Tambahkan gula dan garam dan aduk rata. Sajikan cilok dengan taburan bubuk kedelai.

Waktu: 45 Menit Sajian: 4 Porsi Bahan Kulit:

200 gram tepung sagu 75 gram tepung beras 2 siung bawang putih, dihaluskan 1 sendok makan ebi, diseduh, disangrai, dihaluskan 1 1/4 sendok teh garam 2 batang seledri, diiris halus 200 ml air, dididihkan Bahan Isi: 20 butir telur puyuh, direbus, dibelah 2 bagian

Bahan Saus: 125 gram kacang tanah, digoreng 3 siung bawang putih, digoreng 2 buah cabai merah keriting, digoreng 2 sendok makan saus tomat 2 sendok makan saus sambal 500 ml air 1/2 sendok makan garam 4 1/2 sendok teh gula pasir 1 sendok teh cuka Cara Membuat Cilok Telur Ebi:

Campurkan tepung sagu, tepung beras, bawang putih, ebi, garam, dan seledri, kemudian aduk hingga rata. Tuang air panas sedikit sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isi dan bentuk bulat.

Rebus di dalam air yang sudah dididihkan hingga matang, lalu angkat. Untuk membuat saus, haluskan kacang tanah, bawang putih, dan cabai. Selanjutnya tambahkan air, aduk bersama saus tomat, saus sambal, garam, dan gula pasir. Masak hingga mengental, tambahkan cuka, dan aduk rata.

Setelah matang, sajikan cilok bersama sausnya. Durasi: 40 Menit Sajian: 48 Buah

Bahan Kulit: 200 gram tepung sagu 25 gram maizena 2 siung bawang putih, dihaluskan 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk 1 sendok teh garam 2 batang daun seledri, diiris halus 1 buah cabai merah besar, dibuang bijinya, dicincang halus 150 ml air, dididihkan 6 buah sosis, dipotong 2 bagian, dipotong kembali 4 bagian memanjang Bahan Pelengkap:

Sendok makan saus sambal 2 sendok makan saus tomat Cara Membuat Cilok Sosis: Campur tepung sagu, maizena, bawang putih, kaldu ayam, garam, seledri, dan cabai, lalu aduk hingga rata.

Tuang air panas sedikit sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi sosis ditengahnya, lalu gulung. Stelah itu, rebus di dalam air yang sudah dididihkan hingga matang dan angkat.

Sajikan cilok bersama pelengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *