– Belajar di rumah di tengah pandemi Covid 19 menjadi anjuran pemerintah kepada para pelajar. Selain materi yang diberikan masing masing sekolah, keluarga pun dapat memanfaatkan program Mola TV bertajuk Sofa Kuning. Melalui program Sofa Kuning, anak anak bisa bernyanyi sembari belajar bermacam materi ilmu pengetahuan.

Seperti halnya belajar matematika, pertanyaan kuis yang diberikan dapat mengasah otak lewat hitungan angka. Tak hanya belajar dan bernyanyi lagu aransemen masa kini, anak dan keluarga pun berpeluang mendapat hadiah total ratusan juta rupiah dengan mengikuti kuis. Program Sofa Kuning Mola TV tayang setiap Sabtu pukul 18.30 WIB.

Acara ini dipandu oleh Aqi Singgih (vokalis Alexa Band) dan keluarga. Seperti diketahui, program ini dikemas dengan karaoke dan kuis. Dalam setiap lagunya menjadi bahan tujuh pertanyaan untuk kemudian dijawab peserta kuis di Aplikasi Mola TV.

Pertanyaan pertanyaan yang diberikan pun bergant di setiap episodenya. Pada lagu pertama di Episode 1 Sofa Kuning kental akan muatan sejarah. Jadi anak anak bisa belajar materi sejarah melalui lagu Halo Halo Bandung.

Muatan matematika ada di lagu kedua Episode 1 Sofa Kuning. Anak anak diajak berhitung lewat lagu Potong Bebek Angsa. Misalnya pertanyaan berapa kali ‘nona minta dansa’ dalam lagu Potong Bebek Angsa.

“Di dalam lagu ini berapa kali kah si nona minta dansa?” tanya Audrey. Kemudian giliran Aqi memberi pertanyaan. “Bebek dan angsa kakinya ada berapa sih ?” ucapnya.

Setiap pertanyaan pun juga disediakan tiga pilhan jawaban. Di Episode 2 Sofa Kuning juga menyediakan pertanyaan soal hitungan. Kali ini yang menjadi objek adalah lagu anak berjudul Balonku.

Setelah keluarga kecil itu selesai menyanyikan lagu Balonku, tujuh pertanyaan diberikan. Soal yang kental hitungan matematka dalam lagu Balonku yakni pertama berapa sisa balon setelah balon hijau meletus. Pertanyaan selanjutnya adalah berapa jumlah balon di lagu Balonku.

Selanjunya soal lain yang dapat mengasah kemampuan matematika anak di tayangan Sofa Kuning adalah pada Episode 6. Aqi dan Audrey banyak bertanya mengenai perhitungan angka dalam lagu Nama Nama Hari. Mulai dari berapa lama satu windu hingga berapa jam dalam tiga hari.

Untuk itu dari sejumlah pertanyaantersebut selanjutnya bisa menjadi acuan keluarga maupun anak belajar matematika sembari bernyanyi di program Sofa Kuning. Program Sofa Kuning dikemas dalam bentuk karaoke dan kuis berhadiah, ditayangkan setiap hari Sabtu pukul 18.30 wib di NET TV, atau bisa diakses melalui aplikasi Mola TV. Sebagai bagian dari upaya menarik perhatian seluruh anggota keluarga, Sofa Kuning mengajak pemirsa di rumah turut bermain dengan menyediakan hadiah sebesar lebih dari Rp 200 juta bagi 45 pemenang setiap pekan.

Terdiri dari 2 tabungan pendidikan senilai masing masing Rp 50 juta rupiah, 3 unit iPad, dan 40 voucher belanja masing masing Rp 2,5 juta. Untuk berpartisipasi, penonton harus mengunduh aplikasi Mola TV. Tayangan Sofa Kuning dapat diakses di sini

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *