Penyebab munculnya nyeri pada punggung beberapa orang biasanya bermacam-macam. Tidak selalu lansia saja yang bisa terkena rasa sakit satu ini, kaum muda pun tau bahkan anak kecilpun dapat mengalaminya sekarang. Lalu apa saja penyebab punggung terasa nyeri?

Beberapa Penyebab Punggung Terasa Nyeri

Berikut adalah uraian mengenai sebab-sebab timbulnya rasa nyeri pada punggung:

  1. Kondisi Tegang pada Otot

Tegang pada otot menjadi penyebab umum dalam hal punggung yang terasa nyeri. Ini biasanya diakibatkan oleh angkat beban berat berulang atau gerakan mendadak membuat otot punggung tullang bagian belakang menjadi kaget.

Ketika imunitas tubuh Anda sedang menurun, ketegangan pada otot dapat terjadi berulang kali dan terus menerus. Bahkan resiko tertingginya bisa terkena kejang pada bagian ini dengan rasa yang sangat menyakitkan. Hal ini tentu menyiksa penderitanya.

  1. Terjadinya Pembengkakan atau Pecahnya Bantalan Sendi

Bantalan sendi (disk) memiliki fungsi sebagai bantalan antara tulang belakang. Sifatnya lembut, jadi dapat mengalami pembengkakan ataupun pecah tanpa merasakan nyeri pada area punggung. Hal ini sering terjadi secara tidak sengaja saat seseorang melakukan rontgen tulang belakang.

Pembengkakan atau pecahnya bantalan sendi ini tentu tidak dapat terdeteksi dengan mudah. Namun, ketika hal tersebut terjadi punggung akan terasa sakit. Bahkan rasa tak nyaman itu dapat muncul secara terus-menerus.

  1. Adanya Radang Sendi atau Osteoarthritis dan Osteoporosis

Osteoarthritis bisa muncul pada bagian tulang belakang bagian bawah Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan penyempitan di ruang sekitar saraf tulang belakang. Peradangan ini akan sangat menyakitkan

Osteoporosis juga bisa terjadi di bagian tulang belakang Anda. Pengeroposan ini dapat menimbulkan nyeri akibat rapuh. Hal tersebut mengakibatkan seseorang yang menderita kelainan ini lebih mudah untuk mengalami patah tulang.

  1. Gerakan Menghentak Hingga Kondisi Medis Tertentu

Melakukan gerakan hentakan dapat menimbulkan cedera tiba-tiba karena terkejut dengan suara keras. Terkadang rasa nyeri ini juga menjadi tanda dari kondisi medis yang Anda alami saat itu. Untuk lebih jelasnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis.

Posisi duduk yang terlalu lama mengakibatkan punggung menjadi kaku, sehingga memicu munculnya rasa nyeri pada bagian ini. Untuk itu sebaiknya tidak terlalu berlama-lama dalam beraktivitas. Supaya tubuh memiliki waktu untuk bergerak.

  1. Kurang Olahraga dan Cedera

Kurang berolahraga juga bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Aktivitas fisik ini dapat menjaga kebugaran tubuh, sehingga badan tidak mudah sakit dan kaku. Namun, ketika terlalu sering melakukannya ataupun salah dalam menempatkan posisi dapat mengakibatkan cedera.

Cedera yang terjadi pada bagian kulit, otot, tulang dan saraf punggung bisa menjadi salah satu sebab terjadinya nyeri tersebut. Hal ini disebabkan oleh kecelakaan, olahraga berat yang terlalu sering dengan gerakan mengulang, kesalahan penempatan postur tubuh ketika melakukan suatu gerakan.

  1. Masalah yang Berkaitan dengan Kehamilan

Seseorang yang sedang dalam masa kehamilan, sudah sewajarnya mengalami nyeri pada bagian punggungnya. Ini disebabkan oleh beban dalalam perut ibu. Lambat laun sakit itu akan terus berkurang seiring dengan perjalanan waktu pasca melahirkan.

Rasa nyeri ini wajar saja dialami oleh setiap ibu hamil, karena mereka membawa bayinya setiap saat dan kemanapun perginya. Lama kelamaan otot punggung sang ibu menjadi kaku. Hingga menyebabkan rasa sakit itu muncul tiba-tiba seperti cedera.

  1. Kondisi Medis Tertentu

Penyebab punggung terasa nyeri pada setiap orang tentu akan berbeda-beda. Salah satunya terkadang karena adanya kondisi medis tertentu. Seperti terserang osteothritis atau osteoporosis dan berbagai macam kelainan tulang lainnya.

Beberapa orang juga mungkin mengalami beberapa penyebab punggung terasa nyeri di atas karena cedera pada bagian otot, kulit atau tubuh lainnya. Alhasil, mengakibatkan terjadinya nyeri pada bagian punggungnya. Hal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman ketik beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Resep Mie Ayam Ayam Solo

January 24, 2021