Ada banyak pantai unik dan indah di dunia ini yang menarik untuk dikunjungi. Rupanya tidak semua pantai yang indah harus pasir putih berkilau. Islandia memiliki pantai pasir hitam dengan pemandangan langka yang menakjubkan.

Ialah Reynisfjara, pantai bergaya 'gotik' serba hitam yang terlihat menawan secara visual. Reynisfjara dikelilingi tebing batu yang terukir alami akibat fenomena geologi. Di balik eksotisme pantai pasir hitam di Islandia, banyak orang bertanya tanya, bagaimana Reynisfjara bisa memiliki pemandangan seperti ini?

Saat lava mendingin dan bertemu dengan samudera Atlantik, pasir itu mengeras dan hancur menjadi tekstur yang lebih halus. Inilah yang membuat pantai Reynisfjara terlihat berkilau saat terkena cahaya Matahari. Khususnya saat Matahari terbenam.

Butiran pasir yang lebih besar dan kasar akan terlihat berkilau pada siang hari. Untuk menyaksikan pemandangan indah di pantai Reynisfjara, wisatawan harus mengatur waktu kunjungan yang tepat. Islandia sebenarnya terkenal memiliki beberapa pantai berpasir hitam, bukan hanya Reynisfjara.

Keunikan ini dimiliki Islandia berkat sejarah vulkaniknya Selain pasir hitam, Reynisfjara memiliki tebing basal berdinding unik seperti balok yang disusun menjadi menara. Dinding tebing ini terbentuk secara alami oleh fenomena geologi tanpa campur tangan manusia.

Pasirnya pun memiliki warna hitam yang kontras, yaitu hitam pekat dan hitam kecokelatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *