Otak adalah salah satu organ yang sangat penting, terutama ketika membahas tentang pertumbuhan anak. Hal ini sangat beralasan karena sumber kontrol kondisi anak adalah otak. Nah, tahukah Anda apa saja nutrisi untuk otak anak?

Tentu, mengetahui beberapa nutrisi yang bisa menunjang perkembangan otak menjadi hal yang penting. Pasalnya, dengan nutrisi tersebut, perkembangan otak bisa dimaksimalkan dan anak pun akan tumbuh dengan baik, terutama perihal kecerdasan mereka.

Adapun beberapa nutrisi yang paling penting dan bisa menunjang perkembangan otak anak diantaranya adalah sebagai berikut:

1. DHA

Salah satu nutrisi yang sangat penting untuk menunjang kecerdasan dan perkembangan otak anak adalah DHA. Perlu diketahui bahwa DHA merupakan turunan dari asam lemak omega-3 dan merupakan komponen utama dalam pembentukan otak.

Memang, DHA bisa diproduksi secara mandiri oleh otak. Namun, memberikan makanan dengan kandungan DHA tinggi juga penting. Kandungan DHA bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti salmon, sarden, ataupun ikan kembung.

2. LA dan ALA

Nutrisi lain yang sangat penting untuk perkembangan otak si kecil adalah LA dan ALA. LA dikenal dengan istilah omega 6 sedangkan ALA dikenal dengan istilah omega 3. Keduanya bisa memaksimalkan perkembangan otak dan juga mencegah kerusakan pada membran sel di dalam otak.

Nah, nutrisi ini bisa ditemukan di beberapa jenis makanan. Beragam makanan seperti minyak nabati, minyak ikan, biji-bijian dan lainnya bisa menjadi sumber utama kedua nutrisi ini.

3. Zat besi

Zat besi adalah nutrisi yang penting untuk meningkatkan konsentrasi dan juga fokus. Oleh karenanya, pemenuhan zat besi menjadi hal yang perlu dilakukan guna menunjang perkembangan otak anak. Selain itu, perlu diketahui bahwa kekurangan zat besi juga bisa menjadi masalah terutama gangguan kognitif.

Nutrisi ini bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan. Beragam makanan seperti daging sapi, ayam, sayuran hijau dan lainnya adalah sumber zat besi yang sangat baik.

Demikian beberapa hal terkait pertanyaan apa saja nutrisi untuk otak anak? Penuhi nutrisi tersebut demi perkembangan otak anak yang lebih maksimal. 

Deskripsi: apa saja nutrisi untuk otak anak? Ada beberapa nutrisi yang penting bagi otak, seperti DHA, ALA, dan LA untuk menunjang perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.