Bayi tidak bisa mengonsumsi sembarang jenis makanan. Saluran pencernaan pada bayi belum berfungsi secara optimal. Namun tetap perlu makanan tambahan untuk mengoptimalkan secara perlahan sekaligus menjaga fungsi saluran pencernaan. Simak berbagai jenis makanan bayi di bawah ini yang bisa menjaga saluran pencernaan pada bayi. 

  • Buah-buahan

Buah-buahan banyak mengandung serat dan kaya akan vitamin serta mineral. Buah-buahan juga lebih mudah dicerna bagi usus bayi. Kandungan air juga membantu proses pencernaan. Jenis buah yang dimaksud adalah buah pir, melon, papaya, apel, pisang dan lainnya. 

  • Polong-polongan

Kacang polong biasa digunakan sebagai bahan dari menu makanan pendamping ASI. Kandungan serat dapat membantu  melancarkan pencernaan. Mengandung antioksidan A dan C sekaligus vitamin K yang baik untuk pertumbuhan tulang. 

  • Ubi-ubian

Sama seperti jenis makanan lainnya, ubi-ubian menjadi pilihan makanan bayi karena kandungan serat, beta-karotin, potassium serta vitamin C. Makanan dari ubi juga lebih disenangi bayi karena rasanya yang manis. Selain ubi, dapat juga diganti dengan wortel yang baik untuk kesehatan mata. Rasanya juga manis dan lebih mudah dikonsumsi bayi. 

  • Daging Merah

Daging merah bisa didapatkan dari daging sapi. Kandungan zat besi di dalamnya sangat penting untuk menutrisi zat besi dari luar tubuh. Selama berada di kandungan hingga saat bayi memperoleh ASI, kandungan zat besi dalam tubuh mulai berkurang. Sehingga perlu adanya zat tambahan dari luar tubuh. 

  • Daging Ayam

Daging ayam juga sering digunakan sebagai makanan pendamping ASI pada bayi. Kandungan protein serta vitamin B dapat digunakan sebagai energi bagi tubuh bayi. Bisa berikan campuran berupa sayuran agar menyamarkan rasa maupun bau dari daging ayam. Trik ini digunakan untuk bayi yang selalu menolak ketika diberi makanan berbahan dasar daging ayam. 

  • Yoghurt

Olahan susu seperti yoghurt bisa dicoba pada bayi yang mulai konsumsi makanan padat. Yoghurt yang dikonsumsi bayi bisa membantu pencernaan yang sedang mengalami diare akibat virus. Hal ini karena bayi yang sudah bisa makan makanan padat, pada awalnya akan sering  diare. 

Demikian jenis-jenis makanan bayi yang bisa dijadikan pilihan untuk pendamping ASI. Pilih makanan dengan rasa asli dari bahan makanan sendiri, bukan dari perasa tambahan. Hindari makanan berlemak serta rasa yang kuat karena akan lama dicerna. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.