Memang benar kosmetik adalah salah satunya instrument untuk banyak wanita untuk percantik tampilan wajahnya. Tetapi, sayang kosmetik dapat merusak tampilanmu jika tidak sesuai kulitmu. Beberapa di antaranya kemungkinan memiliki kandungan bahan kimia yang bereaksi jelek di kulit. Apa lagi jika sedang coba produk baru, alergi bisa jadi terjadi. Dalam artikel ini kali akan mengulas macam-macam alergi di wajah karena kosmetik, Berikut tanda-tandanya yang penting diperhatikan saat alami alergi kosmetik, yakni:

Berasa Gatal

Pernahkah kamu rasakan gatal pada bagian pipi, hidung, atau dahi sesudah memakai kosmetik tertentu? Hmm, bisa saja, kulitmu mempunyai alergi pada kandungan dari kosmetik yang kamu pakai nih, Masalahnya beragam produk kosmetik sering memiliki kandungan beragam bahan kombinasi seperti alkohol, minyak wangi buatan, atau pengawet berbentuk paraben yang dapat menyebabkan sensitivitas di kulit kita. Tetapi, harus dipahami kalau tidak semuanya alkohol dan minyak wangi yang ada dalam kosmetik atau produk skincare beresiko untuk kulit kita. Kamu bisa pilih produk kosmetik atau skincare yang mengandung alkohol atau minyak wangi yang lembut di kulit. Karena ada banyak tipe alkohol dalam skincare malah bisa melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit kita, Maka pilih secara baik, ya.

Jerawat dan komedo

Walaupun jarang, ada peluang jerawat dan komedo datang dari efek alergi pada kosmetik tertentu. Mengakibatkan, kamu akan alami rasa gatal atau breakout yang berlebihan di suatu area kulit.
Ini sebagai reaksi yang diperlihatkan kulit sebagai pertanda ada paparan alergen. Selain itu, peralihan warna kulit dapat menjadi pertanda ada alergi kosmetik.

Iritasi mata

Riasan mata seperti eyeliner atau maskara yang bersentuhan dengan permukaan mata akan menyebabkan konjungtivitis. Ini ialah infeksi selaput transparan mata yang membuat pembuluh darah jadi kelihatan dan wilayah putih pada bola mata jadi merah (mata merah). Saat tanda-tanda ini ada, kemungkinan kamu akan berasa sakit atau sensitif pada cahaya silau.

Bagian muka terlihat lebam

Tanda-tanda alergi kosmetik umumnya terjadi cuma pada area muka yang kerapkali ditutupi oleh make up.
Alergi kosmetik bisa juga mengakibatkan kontak dermatitis, yang terjadi pada area muka tertentu, misalkan di kelopak mata, pipi, sekitaran mulut dan hidung, dan dagu.
Pertanda kulit alergi pada kosmetik tidak langsung akan muncul, begitu produk diterapkan ke muka. Reaksinya umumnya dapat kelihatan pada 24 sampai 48 jam sesudah pemakaian.

 

Poin penting untuk dipahami, saat merasakan kulit muka alami alergi, maka kamu harus cari tahu produk mana yang jadi pemicunya. Kemudian, pastikan untuk hentikan penggunaan kosmetik yang diperkirakan jadi pemicu alergi ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.