Kejutan demi kejutan muncul pada ajang balapan MotoGP 2020. Sejak sang juara bertahan Marc Marquez mengalami kecelakaan di seri perdana di Spanyol, terus muncul juara baru dari tiap seri di MotoGP tahun ini. Dari enam seri yang sudah bergulir, termasuk MotoGP San Marino, terhitung muncul empat juara baru.

Pada balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020), muncul sang juara baru, yakni Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha SRT. Franco Morbidelli finis terdepan dengan mengungguli Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar). Bagi Morbidelli, ini adalah kemenangan perdananya pada ajang balapan MotoGP.

Pebalap berusia 25 tahun kelahiran Roma, Italia itu pun menjadi juara baru keempat yang muncul pada MotoGP 2020. Sebelum Morbidelli, status juara baru itu sudah lebih dulu diraih oleh Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), Brad Binder (KTM), dan Miguel Oliveira (KTM Tech 3). Fabio Quartararo sukses menjadi juara pada balapan seri pembuka MotoGP Spanyol, tanggal 19 Juli 2020 lalu.

Selanjutnya, giliran Brad Binder. Rider asal Afrika Selatan itu sukses memenangi balapan MotoGP Republik Ceko di Automotodrom, Brno, 9 Agustus 2020. Adapun juara baru ketiga yakni Miguel Oliveira, pebalap asal Portugal. Ia juara saat balapan MotoGP Styria pada 23 Agustus 2020. Menunggangi motor Yamaha YZR M1, Morbidelli sempat bersaing sengit dengan rider veteran MotoGP, Valentino Rossi, yang menguntit di posisi kedua.

Setelah start, Rossi sempat menguntit Morbidelli di urutan kedua. Namun, Morbidelli konsisten memacu motornya dan menjauh dari kejaran lawan lawannya, termasuk Rossi. Sementara itu, The Doctor pada akhirnya gagal naik podium karena berada di urutan ke 4. Morbidelli memang berhasil dengan cepat memimpin balapan tak lama setelah start dilakukan.

Ia menjangkau posisi pertama yang sebelumnya diraih Maverick Vinales melalui sesi kualifikasi sehari sebelumnya. Sukses memimpin, Morbidelli pun berupaya mempertahankan posisinya pada balapan yang berlangsung dalam 27 putaran itu. Kini, Franco Morbidelli berada di peringkat ketujuh klasemen sementara MotoGP 2020 dengan catatan 57 poin.

Sebelum MotoGP San Marino, Morbidelli berada di urutan ke 11.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *