Bagi Anda yang hobi berbelanja menggunakan kartu kredit tentu tidak asing dengan istilah cicilan 0%. Program ini seolah memiliki magnet tersendiri sehingga selalu berhasil membuat semua orang tertarik. Transaksi sistem cicil memang menjadi salah satu strategi marketing yang ampuh untuk meningkatkan transaksi.

 

Namun, tahukah Anda bagaimana mekanisme dari sistem tersebut?. Cicilan 0% maksudnya ialah sistem cicilan tanpa bunga yang dikenakan pada pemegang kartu kredit setiap bulannya. Jadi Anda membayar sesuai dengan harga beli sesungguhnya. Umumnya sistem ini memiliki tenor 3, 6, 12 atau 24 bulan. Sebab itulah mengapa program ini begitu amat diidamkan.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memanfaatkan Cicilan 0%

 

Ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan ketika akan berbelanja dengan sistem cicilan 0%. Sebab, meski program ini tidak membebankan bunga kartu kredit kepada Anda, bukan tidak mungkin justru memicu untuk kalap dalam berbelanja. Maka ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

 

  • Minimal transaksi, pastikan batas minimal sesuai dengan kemampuan Anda. Sebab meski tidak dikenakan bunga, sistem cicil dalam jumlah besar tentu tetap saja memberatkan

 

  • Cermati syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Sebab pada beberapa bank penerbit sistem ini, meski tidak membebankan bunga pada transaksinya tetapi mengharuskan Anda membayar biaya administrasi. Percuma tanpa bunga, jika biaya administrasinya juga dalam jumlah yang besar

 

  • Perhatikan merchant yang memberlakukan sistem cicilan 0%. Umumnya sistem ini diberlakukan pada produk dari merchant tertentu saja. Apabila barang yang menerapkan sistem ini belum Anda perlukan, sebaiknya menahan diri untuk membelinya meski harga dan sistem pembayaran yang ditawarkan menggiurkan

 

Anda harus bisa bijak dalam memanfaatkan sistem pembayaran ini. Jangan sampai karena tergiur harga dan sistem pembayaran yang tidak dikenakan bunga kartu kredit membuat Anda menumpuk hutang.

 

Efek Dibalik Cicilan 0 Persen

 

Pembelian dengan sistem cicil tanpa bunga, tentu amat menggoda bagi siapa saja. Meski ini salah satu dari bentuk strategi marketing dari pihak bank penerbit kartu kredit, bukan berarti ini jebakan bagi nasabahnya. Sebab kinerja bank berada dalam pengawasan OJK, untuk efek negatifnya tentu tergantung bagaimana Anda memanfaatkannya.

 

Ada beberapa hal yang mungkin belum banyak diketahui oleh para pemegang kartu kredit dibalik cicilan 0%. Berikut ini beberapa diantaranya:

 

  1. Limit Berkurang Sesuai Nominal Transaksi

 

Apabila Anda menggunakan kartu kredit dengan limit sebesar 10 juta rupiah, kemudian Anda membeli produk cicilan tanpa bunga senilai 6 juta rupiah maka limit otomatis berkurang menjadi 4 juta rupiah. Bulan berikutnya, ketika Anda membayar cicilan yang pertama misalkan sebesar 1 juta, maka limit menjadi 5 juta rupiah. 

 

Limit akan terus naik selama Anda membayar cicilan dengan tepat waktu. Pada saat Anda telah melunasi cicilan tersebut, maka limit kartu kredit Anda kembali seperti semula.

 

  1. Tidak Memperoleh Banyak Poin Reward ataupun Cashback

 

Cicilan 0% sudah menjadi hal menguntungkan bagi nasabah. Oleh sebab itu transaksi dengan sistem ini tidak menambah poin reward Anda dan pihak Bank juga tidak akan memberi bonus berupa cashback seperti pembelian reguler umumnya.

 

  1. Biaya Administrasi

 

Biaya administrasi seolah tidak bisa lepas dari berbagai transaksi. Begitu pula dengan transaksi dengan sistem cicilan tanpa bunga ini. Biasanya biaya admin sebesar 3% dari besarnya transaksi. Namun hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing bank penerbit. Biaya administrasi umumnya diterapkan pada jenis kartu kredit tertentu.

 

  1. Tidak Dapat Menutup Kartu

 

Selama Anda masih memiliki tanggungan cicilan yang belum terselesaikan, maka Anda tidak dapat menutup kartu kredit. Namun, jika Anda ingin melunasi sebelum jatuh tempo justru akan dikenakan biaya administrasi percepatan pelunasan. Jadi pastikan membayar tepat waktu sesuai waktu yang ditentukan.

 

Mungkin bagi beberapa orang informasi ini sudah bukan hal baru lagi. Namun bagi Anda yang baru menjadi pengguna kartu kredit tentu akan sangat membantu. Terlebih soal info pengurangan limit. Dimana bukan tidak mungkin Anda menganggap limit masih tetap dan menggunakannya hingga over limit. Hasilnya, selain menambah hutang Anda juga terkena biaya over limit kartu kredit.

 

Salah satu kartu kredit yang recomended karena memberikan banyak layanan termasuk cicilan tanpa bunga yaitu PermataShoppingCard. Cicilan tanpa bunga yang disebut SimplePay 0% dari PermataBank ini berlaku bagi transaksi online.

 

Anda bisa menikmati cicilan 0% dengan menggunakan kartu kredit yang diterbitkan PermataBank. Selain layanan cicilan tanpa bunga, apply kartu kreditnya cepat dan mudah melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X. Beragam promo menarik dan menguntungkan juga siap memanjakan nasabah yang menggunakan. Apply sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *