Reggy Lawalata mengenang masa lalu sejak pertama kali harus menerima kenyataan sebagai orangtua tunggalsetelah dengan suaminya. Reggy Lawalata berjuang melakukan apa pun demi menghidupi dua anaknya, yakni Mario dan Oscar Lawalata, artis Bercerai di masa itu belum seperti sekarang yang sudah lebih dianggap sebagai hal wajar.

Reggy bercerai dari suaminya Alexander Polii pada 1982. Saat itu Mario baru berumur dua tahun dan Oscar berumur lima tahun. Sementara Reggy ketika itu masih berusia 23 tahun. Ia menyandang status ibu tunggal di usia muda dan Reggy telah melewati banyak hal. "Very young, orang belum nikah saya udah pisah," kenang Reggy dikutip Jumat (25/9/2020) dari vlog Orami Entertainment.

"Zaman itu enggak kayak sekarang, cara ngelirik, cara ngelihat diomongin, duduk satu meja makan, suaminya dekat kita, istrinya udah kayak dimakan itu suaminya," lanjutnya. Karena itu, Reggy memiliki prinsip untuk melakukan yang terbaik dan tidak memikirkan ucapan orang lain. Baginya yang terpenting adalah dia tidak merugikan orang lain atau tidak bergunjing.

Pengalamannya itu yang kemudian dipetik hikmahnya oleh Reggy saat ini. Dia menjadi pribadi yang cuek dan tidak memikirkan pandangan orang lain. "Dulu juga saya 'kenapa ya dikasih begini hidup begini, punya anak begini,' and now saya realize bahwa kehidupan kamu itu sebenarnya kekuatan buat kamu," ujar Reggy.

"Kehidupan saya ini sebenarnya kekuatan saya, itu yang saya tangkap dari perjalanan hidup saya," sambungnya menegaskan. Artis Reggy Lawalata sudah mengajarkan kemandirian pada dua anaknya, Mario dan Oscar Lawalata sejak mereka kecil. Reggy melakukannya karena sebagai orangtua tunggal, ia harus bekerja demi membiayai kedua anaknya.

Oleh karena itu, Oscar sebagai anak sulung, maupun Mario, juga sudah terbiasa mandiri sejak kecil. Misalnya, menyiapkan makanan sendiri, Oscar biasanya akan memasak untuk adiknya. "Mereka selalu tinggal berdua, anak anak saya ini, mereka ini besar mandiri," kata Reggy bangga, seperti dikutip dari vlog Orami Entertainment, Jumat (25/9/2020).

Reggy memberi contoh saat Oscar bertugas memasak, Mario wajib duduk di meja makan menunggu kakaknya selesai memasak. Aturan itu juga dibuat Reggy agar tidak membahayakan kedua anaknya, mencegah mereka bermain di dekat kompor. "Mario tunggu di meja makan sama nasi, nanti kakaknya datang, ceplok telornya dia taroin ke adiknya," kenang Reggy yang biasa memantau anak anaknya dulu dari telepon.

Selain itu, walaupun memiliki asisten rumah tangga (ART), Reggy juga mengajarkan anak anaknya untuk mencuci baju mereka sendiri jika sedang tidak ada ART.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *