Isu mengenai wajib militer Jin BTS terus bergema di kalangan publik Korea Selatan. Tidak sedikit pembahasan mengenai wacana penghapusan wajib militer untuk BTS. Hal ini karena mereka sudah membawa nama negara ke dunia internasional.

BTS sendiri pernah mengatakan jika mereka akan melaksanakan wajib militer jika waktunya tiba. Member tertua BTS, Jin, menjadi member yang paling disorot karena waktunya paling dekat untuk berangkat wajib militer. Dikutip dari Allkpop, Big Hit mengatakan Jin masih memiliki waktu hingga 2021.

Big Hit sudah mendaftarkkan laporan stok pada Komisi Servis Finansial Service untuk dimasukkan ke KOSPI. Salah satu detail laporan tersebut juga termasuk wajib militer para member. Sebuah postingan menunjukkan jadwal wajib militer Jin.

Tertulis, "BTS adalah grup yang terdiri dari member yang lahir tahun 1992 hingga 1997." "Usia di mana mereka pantas untuk melakukan wajib militer." "Kami percaya masih mungkin menunda wajib militer Jin hingga akhir 2021.

"Untuk memersiapkan absennya member yang harus absen misalnya karena wajib militer, sakit, kecelakaan, kami sudah menyiapkan konten yang dapat dirilis tanpa hadirnya para member." "Untuk meminimalisir kemungkinan jatuhnya penjualan, kami mereview banyak area seperti konten yang dibuat pre produksi hingga konten video untuk album". "Serta berbagai kegiatan artis kami yang belum melaksanakan wajib militer dengan kegiatan yang fleksibel."

Calon Menteri Pertahanan Korea Selatan, Seo Wook mengungkapkan pendapatnya terkait penundaanwajib militerBTS. Dilansir Allkpop , Rabu (16/9/2020), Seo Wook telah mengirim surat pertanyaan dan jawabannya kepada National Assembly's National Defense Comitte. Dalam tanya jawab tersebut, Seo Wook mendapat pertanyaan mengenai pendapat terhadap pembebasan wajib militer.

"Apa posisi Anda di sistem pembebasan dinas militer dan pembebasan militer khusus untuk BTS?" bunyi pertanyaan tersebut. "Setiap orang harus diperlakukan secara adil dan merata. Pengecualian wajib militer khusus untuk artis Kpop berbakat adalah masalah di mana konsensus nasional harus didahului dan diperlukan diskusi sebelumnya," demikian jawaban Seo Wook. Sebelumnya, pada 3 September 2020, perwakilan Jeon Yong Ki dari Partai Demokrat Korea mengusulkan revisi sebagian Undang UndangWajib Militer.

Usulan tersebut akan memungkinkan artis Kpop, yang direkomendasikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk menunda wajib militer jika bersedia. Hal itu dinilai dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan martabat bangsa. Diberitakan sebelumnya, Big Hit Entertainment mengatakan ada kemungkinanJin BTSbisa menunda wajib militernya hingga tahun depan.

Jin yang lahir pada 1992 itu seharusnya mendaftarkan wajib militernya paling lambat pada akhir tahun ini. "Sudah dikaji kemungkinan anggota tertua Kim Seokjin (Jin) bisa menunda wajib militernya hingga akhir tahun 2021 berdasarkan undang undang dinas militer," kata Big Hit. Big Hit belum mengatakan secara resmi tanggal Jin harus menjalani mulai masukwamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *