Google Classroom merupakan produk Google yang dapat dimanfaatkan secara gratis untuk Belajar dari Rumah. Pandemi virus corona atau Covid 19 memaksa sebagian daerah di Indonesia meniadakan aktivitas pembelajaran langsung di Sekolah. Sebagian besar, aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring (Online) dari rumah.

Ada beberapa fasilitas atau aplikasi yang bisa digunakan secara gratis untuk mengadakan pembelajaran secara online, satu di antaranya Google Classroom. Dilansir , Google Classroom adalah aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat area kelas secara online. Mereka bisa mengelola semua dokumen yang dibutuhkan murid dalam pembelajaran.

Dokumen pembelajaran dapat disimpan di Google Drive dan dapat diedit di aplikasi Drive, seperti Google Documents, Spreadsheet, dan sebagainya. Pembeda Google Classroom dari pengalaman Google Drive biasa adalah adanya antarmuka guru/murid, yang dirancang Google untuk mempertemukan guru dan murid secara online. Seperti halnya aplikasi Google lainnya, yang dibutuhkan adalah akun Google.

Jika belum memiliki, silahkan daftar terlebih dahulu. Akses laman classroom.google.com Login menggunakan akun Google.

Kemudian pilih tanda '+' di sebelah kanan atas. Pilih 'Join class' untuk murid, 'create class' untuk guru. Saat pilih 'Join Class' murid memasukkan kode kelas yang diberikan guru.

Sementara bagi guru, pilih 'Create Class' kemudian centang 'Saya sudah membaca dan memahami pemberitahuan di atas, dan saya tidak menggunakan Ruang Kelas di sekolah bersama murid' kemudian pilih 'Terus'. Masukkan nama kelas, bagian, subjek, kamar, kemudian pilih 'Create'. Google Classroom siap digunakan.

Bagikan kode kelas kepada para murid. 1. Buka situs classroom.google.com 2. Pilih 'Tambahkan' (simbol +).

3. Buat Kelas/Create Class. 4. Masukkan Nama Kelas. 5. Isi keterangan pada pilihan Section (Bagian), Subject (Mata pelajaran), Room (Ruangan).

6. Jika sudah, maka klik 'Buat/Create'. 7. Anda akan mendapatkan kode kelas. 1. Buka akun GoogleClassroom

2. Klik 'Anggota', kemudian klik 'Undang siswa' 3. Masukkan alamat email siswa atau grup 4. Klik 'Undang'

1. Login classroom.google.com 2. Kemudian klik Tambahkan (simbol +) di bagian pojok kanan atas, dan pilih Gabung kelas/join class'. 3. Masukkan kode dari guru, dan klik 'Gabung'.

Sebagai guru, Google Classroom dapat dimanfaatkan untuk membuat tugas pekerjaan rumah untuk murid. Saat membuat tugas, Anda sebagai guru dapat mengunggah dokumen yang diperlukan untuk dibaca atau dikerjakan murid. Murid akan menerima pemberitahuan email tentang tugas baru.

Para murid 'menyerahkan' tugas setelah selesai, dan Anda kemudian dapat menilai tugas tersebut. Jika memiliki pengumuman untuk seluruh kelas, Anda dapat dengan cepat mengetik pengumuman, yang dikirimkan melalui email ke semua murid di kelas. Bahan yang Anda tambahkan ke tugas bukan satu satunya dokumen yang dapat disimpan.

Anda dapat menyimpan dokumen lain yang diperlukan untuk murid di Google Drive. Murid memiliki kemampuan untuk mengomentari tugas dan pengumuman. Selain itu, suswa dapat mengirim email satu sama lain melalui antarmukan kelas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *