Punya mobil bekas atau second bukan berarti mobil Anda tidak bisa terlihat seperti mobil baru, lho! Seperti yang bisa Anda lihat di dealer jual mobil second, kondisi mobil yang dijual sudah dipastikan masih oke luar-dalam, termasuk eksterior dan warna catnya.

Jika ingin mobil Anda juga memiliki tampilan yang bagus seperti baru, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Rajin cuci mobil dengan sampo khusus

Salah satu kunci paling utama dalam melakukan perawatan mobil adalah mencucinya secara rutin. Tak hanya itu, Anda juga harus menggunakan sampo atau sabun khusus cuci mobil yang kandungan pH-nya seimbang. Tujuannya adalah untuk meminimalkan efek gesekan sabun pada bodi mobil. Selain itu, jangan pernah gunakan sabun cuci piring atau colek, apalagi yang kandungannya keras karena bisa merusak warna cat mobil dan menyebabkan lecet atau baret.

2. Gunakan lap bersih bertekstur lembut

Lap bersih saja tidaklah cukup ketika Anda mencuci mobil. Sebab, Anda juga harus memastikan lap yang digunakan adalah lap bertekstur lembut. Dengan begitu, mobil Anda tak hanya bersih dan kering dengan sempurna, tapi juga bebas dari risiko gesekan keras yang bisa menyebabkan baret halus pada bodi mobil Anda serta membuat warna cat mobil makin lama makin kusam.

3. Langsung cuci setelah kehujanan

Jangan menganggap mobil yang kehujanan sama dengan memandikan mobil, lho! Soalnya, air hujan mengandung asam serta kotoran yang bisa merusak warna cat mobil hingga bodinya. Oleh karena itu, segera cuci dan bilas sisa-sisa air hujan dari mobil begitu Anda sampai rumah setelah menerobos hujan, lalu keringkan sampai optimal.

4. Pilih tempat parkir yang teduh

Musuh berat bodi mobil lainnya adalah paparan langsung sinar matahari, yang bisa membuat warna cat mobil jadi kusam dan pudar dalam jangka panjang. Jadi, kalau Anda ingin warna cat mobil selalu awet, pastikan Anda menjauhkan mobil dari terik sinar matahari langsung. Pilih tempat parkir yang teduh, dan lebih bagus lagi kalau Anda memarkir kendaraan di dalam bangunan parkir atau garasi rumah.

5. Pastikan mobil kering sebelum dipasang cover

Apabila Anda menggunakan sarung mobil, pastikan bahwa kondisi kendaraan Anda benar-benar kering. Sebab komponen bodi mobil nyaris seluruhnya terbuat dari logam, menutupinya dengan sarung mobil saat kondisinya masih basah atau lembap malah bisa membuat bodi mobil jadi “rumah” bagi jamur dan karat.

6. Rutin poles mobil

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga warna cat mobil adalah rajin memolesnya dengan wax setiap 2-3 bulan sekali. Pilihlah wax khusus bodi mobil yang benar-benar berkualitas agar memberikan hasil maksimal. Selain itu, aplikasikan wax di tempat teduh dan ketika cuaca cerah. Pasalnya, cuaca mendung membuat wax lama kering dan warnanya jadi tidak merata.

Itu dia 6 tips yang bisa Anda lakukan agar warna cat mobil selalu awet dan terlihat mengilap seperti baru. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *