Internet menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi bagi semua orang di era sekarang. Tanpa adanya internet, mungkin saja kamu tidak bisa terhubung dengan orang lain dan tidak update berita-berita terkini. Terlebih, saat ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan melalui internet, seperti berbelanja, belajar, hingga berkomunikasi dengan orang lain.

Selain kuota internet, Wi-Fi menjadi salah satu pilihan menarik yang dipakai orang untuk terkoneksi internet selama 24 jam. Oleh karena itu, jangan heran jika saat ini hampir setiap rumah memasang Wi-Fi. Kendati demikian, dalam pemakaian Wi-Fi biasanya internet mendadak lemot atau lama. Hal ini tentu menimbulkan kekesalan bagi para penggunanya.

Nah, beruntungnya, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara-cara di bawah ini:

1. Merestart router atau modem

Salah satu cara yang bisa dilakukan saat Wi-Fi lemot adalah merestart modem atau router. Bagi kamu yang belum tahu caranya, kamu tinggal mematikannya lewat tombol power atau bisa juga langsung mencabut adaptornya.

Setelah dimatikan, tunggu sekitar 10-15 detik, kemudian nyalakan kembali

2. Cermati posisi Wi-Fi Access Point atau Router

Terkadang, salah satu faktor yang mengakibatkan Wi-Fi lemot adalah karena lokasi pemasangan Wi-Fi jauh dengan si pengguna. Hal tersebut sudah pasti akan mengakibatkan performa internet menurun. Untuk mendapatkan posisi yang terbaik, setidaknya taruh router dengan jangkauan optimal sekitar 6-10 meter.

Jika lebih dari itu, bisa jadi kecepatan internetmu akan berkurang.

3. Ubah pengaturan DNS komputer

Cara selanjutnya untuk mengatasi Wi-Fi yang lemot adalah mengubah pengaturan DNS komputer. Mengubah DNS dinilai mampu memperbaiki kecepatan internetmu. Kamu bisa melakukannya lewat DNS Google. Apabila setelah mengubah pengaturannya tetap lambat, lakukan reset jaringan flushing.

4. Pilih provider Wi-Fi yang terpercaya dan terkenal

Untuk mengatasi performa Wi-Fi yang buruk, sebaiknya dari awal kamu sudah memilih provider Wi-Fi yang terkenal dan terpercaya. Nah, beruntungnya saat ini ada IndiHome yang siap membuat kecepatan internet di rumah ngebut. IndiHome hadir dengan paket internet unlimited dan menyediakan kecepatan up to 300 Mbps. Dijamin, anti lemot!

Itu dia empat tips dalam mengatasi lemot pada Wi-Fi. Untuk mendapatkan performa yang maksimal, kamu bisa memakai IndiHome sekarang juga! Selain ada provider internet, IndiHome juga menyediakan TV kabel berlangganan sehingga semakin menghidupkan hiburan di rumah dengan menonton beragam channel yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *