Keutamaan sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang memiliki pahala paling istimewa jika dibandingkan ibadah sunnah lain. Bahkan hal ini juga telah disebutkan dalam Al Quran yaitu orang-orang yang mengamalkan ibadah tahajud akan diangkat ke tempat terpuji di mata Allah SWT.

 

Selain untuk kebutuhan mendekatkan diri kepada Allah, menjaga kesehatan rohani dan juga mental, ibadah ini juga baik bagi kesehatan tubuh. Seperti mencegah pembengkakan jantung, mencegah diabetes, hipertensi dan masih banyak lagi.

 

Waktu Terbaik Dalam Menjalankan Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud bisa dilakukan setelah ba’da isya dan saat seseorang terbangun dari tidurnya. Dalam artian, sholat bisa dikatakan sholat tahajud, jika Anda sudah tidur sebelumnya.

 

Untuk pengerjaan sholat ini, ada baiknya dilakukan pada sepertiga malam. Namun, banyak yang tidak mengetahui sepertiga malam ini sendiri terbagi dalam beberapa kategori. Berikut penjelasannya.

Sepertiga malam pertama

Seperti yang telah dikatakan di atas, seseorang bisa melakukan sholat tahajud adalah ba’da sholat isya. Waktu setelah isya ini hingga pukul 22.00 dikatakan sebagai sepertiga malam pertama. Namun, perlu dipastikan bahwa Anda sudah mengalami tidur terlebih dahulu. Karena jika tanpa tidur, Anda hanya akan melakukan sholat lail saja.

Sepertiga malam kedua

Sepertiga malam kedua berada di waktu 22.00 sampai dengan 01.00. Dalam waktu ini, orang-orang yang sudah tertidur sangat jarang bisa bangun kembali. Ini adalah waktu saat seseorang benar-benar terlelap dan malas untuk bangkit dari tidur.

 

Konon katanya, keutamaan sholat tahajud di sepertiga malam kedua ini memiliki keistimewaan besar sendiri yang bisa didapatkan oleh mereka yang mengerjakannya.

Sepertiga malam terakhir

Waktu yang paling utama dalam mengerjakan sholat sunnah tahajud adalah di sepertiga malam terakhir. Yakni, dari pukul 01.00 hingga menjelang subuh. Bahkan, dalam riwayat hadist Bukhari dan Muslim disebutkan,

 

“Setiap malam Allah SWT akan turun ke langit dunia di sepertiga terakhir malam. Dia pun berkata, “Jika ada hambaKu yang meminta, pasti akan kukabulkan. Jika ada hambaKu berdoa, pasti akan Aku kabulkan doanya. Jika ada hambaKu beristighfar, pasti akan Aku ampuni dosanya.”

 

Waktu malam hari memang waktu yang terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Melepaskan diri dari penatnya dunia dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Sang Pencipta.


Demikian waktu-waktu terbaik dalam menjalankan keutamaan sholat tahajud. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *