Simak soal dan jawaban materi Bagaimana Bunyi Terdengar oleh Telinga untuk siswa SD Kelas 4 6. Materi Bagaimana Bunyi Terdengar oleh Telinga tayang pada Selasa (28/7/2020) pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB.. Selain menayangkan materi sebagai bahan belajar, terdapat juga pertanyaan atau soal yang harus peserta didik jawab.

Satu dari beberapa soal yakni Setelah kamu menyimak video tersebut, apa yang dapat kamu simpulkan mengenai proses bunyi hingga terdengar oleh telinga kita? Secara keseluruhan, terdapat dua soal lengkap beserta jawabannya yang bisa Anda simak. Kunci jawaban tugas ini ditujukan bagi orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar peserta didik.

Setelah kamu menyimak video tersebut, apa yang dapat kamu simpulkan mengenai proses bunyi hingga terdengar oleh telinga kita? Proses bunyi yang terdengar oleh kita disebabkan karena adanya gelombang suara yang diterima oleh daun telinga. Kemudian gelombang tersebut diarahkan menuju gendang telinga.

Gendang telinga bergetar karena gelombang tersebut, kemudian diteruskan oleh tulang kecil. Tulang kecil ini juga bergetar sesuai dengan kerasnya suara. Ketika tulang kecil bergetar, rambut halus di koklea juga bergetar.

Rambut halus ini terhubung ke sel syaraf yang kemudian mengirim sinyal ke otak. Di dalam otak kemudian sinyal itu diinterpretasikan sebagai suara. Setelah menonton video tentang bunyi dan sifatnya, sekarang coba lakukan percobaan sederhana di rumah dengan menyiapkan 3 gelas kosong yang terbuat dari kaca.

Lalu isi gelas pertama dengan air sampai penuh, isi gelas kedua dengan air setengahnya saja, dan isi gelas ketiga dengan air yang lebih sedikit dari gelas kedua. Setelah itu, pukul ketiga gelas tersebut secara bergantian dengan menggunakan sendok. Apa pendapatmu mengenai perbandingan bunyi tersebut?

Ketiga gelas memiliki bunyi yang berbeda beda. Gelas berisi air penuh memiliki bunyi paling pelan dan kurang nyaring. Gelas yang berisi setengah air bunyinya lebih nyaring dibanding gelas terisi air penuh.

Sementara gelas yang paling sedikit terisi air, bunyi yang dihasilkan paling nyaring dari gelas yang lain. Hal ini terjadi karena gelas dengan volume airnya sedikit memiliki lebih banyak ruang terisi udara. Ketika dipukul suaranya lebih nyaring dibandingkan gelas yang berisi air lebih banyak.

Soal dan kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orang tua atau wali mengoreksi jawaban anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa alternatif jawaban tidak terpaku seperti di atas. Dari materi belajar di rumahTVRI, orang tua diharapakan memandu secara langsung proses belajar anak.

Sehingga anak meraih kompetensi literasi berupa: 1. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalaman dengan lebih terstruktur 2. Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok, dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali serta menanggapi menggunakan pengetahuannya

Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.

2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.

3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.

2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.

Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Berikut jadwal Belajar dari Rumah TVRI Selasa, 28 Juli 2020, dilansir website resmi Kemdikbud: PAUD dan sederajat Belajar Matematika dan Sains

SD Kelas 1 3 dan sederajat Penjumlahan Tanpa Menyimpan SD Kelas 4 6 dan sederajat

Bagaimana Bunyi Terdengar oleh Telinga SMP dan sederajat Bilangan Bulat

B. Inggris Lesson 5: Where are You? (Di mana kamu?) SMA/SMK dan sederajat

Persamaan Eksponen Bentuk 1, 2, dan 3 Beranda Pak RT Bangun Usaha dari Rumah

Film Jagad X Code (RR) Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *