Satu lagi daerah di Jepang dapat sertifikat internasional sebagai tempat yang paling indah untuk melihat bintang di waktu malam. Kozushima, sebuah pulau dan nama desa yang juga sama (Kozushima), di sub Perfektur Oshima, Tokyo. Mulai 1 Desember 2020 (Waktu Standar Pegunungan AS), seluruh area Desa Kozushima seluas 18,58 km telah disertifikasi sebagai Taman Langit Gelap Internasional pertama di Tokyo.

Wali Kota Kozushima Hiroshi Maeda dan manajer program badan akreditasi, International Dark Sky Association (IDA), merasa senang dengan pengakuan internasional tersebut. "Saya telah menantikan sertifikasi 'International Dark Sky Park' untuk desa kami. Ini sangat penting bagi saya, dan saya berjanji untuk melestarikan langit berbintang Kozushima yang indah untuk generasi mendatang. Kami akan terus meningkatkan kemampuan penerimaan pariwisata kami agar banyak pengunjung yang bisa datang dan menikmati wisata langit berbintang. Saya dan semua penduduk kami menunggu untuk menyambut Anda di 'Pulau Langit Gelap' Kozushima." Sedangkan Manajer Program IDA Dark Sky Places Adam Dalton melihat begitu cantiknya Kozushima sehingga pantas mendapat penghargaan tersebut.

"Sertifikasi Kozushima adalah pencapaian yang luar biasa. Taman Langit Gelap Internasional bersertifikat kedua di Jepang, upaya Kozushima Dark Sky Island dengan dan dukungan dari Pemerintah Tokyo, bermitra dengan Iwasaki Electric LTD untuk mengembangkan perlengkapan pencahayaan baru yang sesuai untuk langit gelap yang unik untuk dipasang di pulau, dan penjangkauan inovatif menggarisbawahi pekerjaan besar yang telah dilakukan pelamar. Apalagi, hanya empat jam naik perahu dari Tokyo," ungkap Adam. Langit malam berbintang yang dilindungi Kozushima tidak diragukan lagi akan menginspirasi dan membuat kagum banyak warga kota Jepang yang melakukan perjalanan ke pulau untuk mengalami keajaiban kosmos. Program Tempat Langit Gelap (Dark Sky) Internasional adalah program sertifikasi oleh International Dark Sky Association (IDA), sebuah NPO yang berkantor pusat di Arizona, AS dengan tujuan merayakan upaya luar biasa untuk melindungi dan melestarikan langit malam yang gelap dan indah yang bebas dari polusi cahaya.

International Dark Sky Park melihat Kozushima sebagai tempat sangat cantik, di samping tempat lain yang diajukan Jepang yaitu Taman Nasional Iriomote Ishigaki di Okinawa juga telah disertifikasi. Desa Kozushima pertama kali mendaftar ke IDA untuk sertifikasi International Dark Sky Park pada tanggal 24 Agustus 2020. Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *