Seluruh jalur pendakian Gunung Andong di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah kembali dibuka pada Sabtu (17/10/2020) sore. Pembukaan jalur pendakian ini masih dalam tahap uji coba untuk menyambut adaptasi kebiasaan baru. "Pertama kita melakukan simulasi, uji coba, habis uji coba baru kita buka secara resmi sesuai dengan protokol kesehatan dan arahan dari Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Magelang," lanjut pria yang tinggal tak jauh dari basecamp Gunung Andong via Sawit itu.

Kendati jalur pendakian telah dibuka, namun pendaki harus mengetahui beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. "Misalnya ada pendaki ya kita terima, tapi dengan beberapa syarat dan ketentuan yang sudah kita tetapkan," ujar Sutikno. Ia melanjutkan, pendaki yang berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) wajib melampirkan surat keterangan sehat saat registrasi.

Sementara pendaki dari luar Jawa Tengah dan DIY diwajibkan membawa surat hasil rapid test Covid 19 negatif. Dalam masa uji coba ini, telah disiapkan beberapa tempat untuk mencuci tangan yang dilengkapi keran dan sabun cuci tangan di basecamp Gunung Andong via Sawit. Selain itu, Sutikno mengatakan, pengelola basecamp yang berjaga di tempat registrasi juga wajib memakai masker.

Pendaki pun diwajibkan mengikuti sejumlah protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Sebelumnya, seluruh jalur pendakian Gunung Andong ditutup akibat adanya pandemi Covid 19 sejak Maret lalu. Jika datang dari Jakarta menggunakan kereta api, silakan turun di Stasiun Tugu.

Dari Stasiun Tugu kemudian menuju Terminal Jombor untuk naik bus menuju Magelang. Namun jika dari Jakarta menggunakan bus, sebaiknya pilihlah bus dengan tujuan langsung ke Terminal Magelang. Dari Terminal Soekarno Hatta Magelang, terdapat dua pilihan transportasi yang dapat dipilih.

Pertama, menggunakan minibus tujuan Salatiga dan turun di Pasar Ngablak. Dari Pasar Ngablak, naiklah ojek menuju basecamp Gunung Andong yang berjarak sekitar 2 km. Kedua, jika tidak ingin repot, bisa menyewa jasa ojek sepeda motor atau mobil dari Terminal Magelang langsung menuju basecamp Gunung Andong.

Traveler juga bisa memesan ojek online untuk menuju basecamp Gunung Andong via Sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *