Saat ini penggunaan masker semakin diwajibkan untuk mencegah penularan virus Corona. Meski demikian ternyata masih banyak orang yang belum paham mengenai penggunaan masker fullprint dengan benar. Misalnya masker yang digunakan setiap hari. Padahal hal ini dapat membuat bakteri dan virus berkumpul. Nah ini dia 7 kesalahan yang wajib dihindari.

  1. Menggunakan Bahan yang Salah

Masker kain yang ideal terbuat dari kain yang dapat untuk bernapas. Baru-baru sebuah penelitian menemukan jika jenis kain yang bagus untuk membuat masker kain adalah kain handuk ringan, denim ringan, dan katun dengan jumlah benang 80 -120 kain. Pasalnya jenis kain ini terbuat dari serat alami dan tenunan yang ketat dan efektif untuk menangkal virus.

  1. Memakai dan Melepas Masker dengan Cara yang Salah

Ketika hendak menggunakan masker, jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu agar tidak memindahkan virus atau bakteri ke masker yang akan digunakan. Pegang bagian tali masker kemudian pakailah. Sedangkan untuk melepaskannya, pegang kembali bagian tali dan lepaskan. Jika terdapat 2 tali di bagian kepala, lepaskan tali bagian bawah terlebih dahulu.

  1. Terlambat Menggunakan Masker

Tak jarang orang memakai masker hanya ketika berpapasan dengan orang lain saja. Padahal sangat dianjurkan untuk digunakan sejak keluar dari rumah. Penggunaan masker idealnya digunakan sebelum melangkah keluar rumah hingga membuka pintu ketika pulang ke rumah.

  1. Terlalu Cepat Melepas Kain

Melepas masker ketika berada di dalam mobil merupakan tindakan yang terlalu cepat. Waktu yang tepat untuk melepas masker adalah saat berada di dalam rumah dan segera cuci tangan. Jika Anda terpaksa melepasnya, simpanlah masker di dalam tas dan segera cuci tangan dengan hand sanitizer sebelum menyentuh benda lain.

  1. Mencemari Masker

Perlu untuk diingat, hindari menyentuh area wajah saat berada di luar rumah meski Anda menggunakan masker. Sebab tindakan ini dapat memasukkan kuman atau virus ke dalam hidung, mata, dan mulut. Jadi pastikan untuk selalu membersihkan tangan sebelum menyentuh masker. Menarik masker ke bawah leher juga wajib Anda hindari.

  1. Tidak Mencuci Masker

Sering menggunakan masker juga harus diimbangi dengan sering mencucinya. Anda bisa mencucinya menggunakan detergen dan rendam di dalam air panas. Merendam masker dalam air panas mampu membunuh kuman. Beberapa ahli juga merekomendasikan untuk mengeringkan masker dengan pengaturan yang panas.

  1. Jangan Semprot Masker dengan Disinfektan

Cara yang tersebar di internet jika cara membersihkan masker kain dapat menggunakan pemutih atau desinfektan. Namun ternyata hal ini salah besar. Para ahli tidak merekomendasikan cara ini sebab bahan kimia butuh waktu lama untuk menghilang sebelum memakai masker itu lagi. Tak hanya itu saja, hal ini juga bisa menyebabkan reaksi pernapasan.

Menggunakan masker mamang mampu menurunkan penyebaran infeksi virus. Namun penggunaan masker juga harus dilakukan dengan benar. Selain itu jangan lupa gunakan masker kain yang sesuai dengan kriteria. Nah custom.co.id sendiri merupakan tempat jual masker kain berkualitas dengan desain sendiri yang bisa Anda pilih.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *