Variegata artinya tanaman hias dengan kelainan berupa corak berpola acak yang sulit diturunkan kepada tanaman anakan. Karena jarang dan sulit dibudidayakan, variegata biasanya berharga selangit.

Bagi Anda yang berminat mengoleksi tanaman hias variegata, berikut ini beberapa jenis yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Caladium Baret

Tanaman hias Caladium baret juga termasuk variegata. Dia juga dikenal dengan nama Caladium broken heart. Daunnya berbentuk hati dengan warna merah di satu sisi, dan hijau berhias bercak putih di sisi lain.

Pola warnanya berbeda dari satu daun ke daun yang lain. Karena itulah harganya bisa sangat mahal. Tanaman anakannya yang berdaun tunggal dengan ukuran mungil saja sudah dihargai Rp70.000. Sementara tumbuhan dewasa bisa dipasarkan mulai dari harga Rp725.000 sampai Rp1.100.000.

2. Monstera deliciosa Variegata

Monstera deliciosa merupakan jenis tanaman hias yang populer sejak tahun lalu. Daunnya berukuran besar dengan jari-jari melebar.

Monstera deliciosa variegata memiliki daun dengan variasi warna hijau, kuning, dan putih tulang yang langka. Karena itulah harganya jauh lebih mahal daripada Monstera deliciosa biasa.

3. Rubber Plant (Karet Kebo) Variegata

Spesies tumbuhan ini dikenal dengan nama rubber plant di luar negeri. Namun di Indonesia sendiri biasa disebut karet kebo atau karet merah. Tanaman variegatanya memiliki daun dengan corak warna hijau, kelabu, dan putih tulang acak seperti sapuan kuas pelukis.

Rubber plant tergolong mudah diurus, jadi perawatannya tidak akan merepotkan. Daunnya yang lebar mampu menyerap lebih banyak partikel dari udara, kemudian diubah menjadi nutrisi untuk tanaman atau tanah. Kualitas udara di dalam kamar pun jadi lebih baik.

4. Caladium Dwi Warna

Jenis Caladium yang satu ini termasuk variegata. Artinya tanaman memiliki kelainan berupa corak berpola acak yang sulit diturunkan kepada tanaman anakan. Karena jarang dan sulit dibudidayakan, variegata biasanya berharga selangit.

Caladium dwi warna sendiri memiliki daun merah mulus dengan corak putih seperti albino. Umbinya saja bisa dihargai sampai Rp500.000. Tanaman remaja dengan beberapa helai daun dihargai mulai dari Rp2.700.000. Jika sudah dewasa dan berdaun rimbun, tanaman ini bisa berharga delapan jutaan. Bahkan ada yang menawarkannya dengan harga Rp18.000.000.

5. Janda Bolong Variegata

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Monstera adansonii, namun dia dikenal dengan nama Janda bolong atau Adanson’s monstera. Janda bolong memiliki daun lebar berlubang-lubang. Ia juga dikenal dengan nama keju Swiss dan tanaman lima lubang.

Tanaman ini tersebar luas di sebagian besar Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selain itu janda bolong juga bisa ditemukan di Hindia Barat, terutama di dekat lembah sungai dataran rendah.

Janda bolong variegata memiliki daun dengan variasi warna putih yang sulit ditemui. Pola warna unik inilah yang menjadikan harganya mahal. Bahkan ada yang mencapai Rp200.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *