Sudah banyak di antara para pecinta teknologi yang membandingkan antara smartphone Android dengan iPhone. Keduanya dianggap memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Namun salah satu keunggulan yang kerap digaungkan oleh pengguna Android adalah, kemampuan eksplorasi lebih yang ditawarkan.

Banyak serangkaian fitur yang hanya hadir bagi sistem Android, begitu pula dengan iPhone. Perlu Anda ketahui, sedikitnya ada tiga fitur di sistem Android yang membuatnya menjadi terlihat lebih unggul dari iPhone.

Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari PC Magz via Tekno Liputan6.com.

Instal Aplikasi dari Sumber Lain

Salah satu fitur di Android yang sangat terbuka adalah penggunanya tidak dibatasi untuk menggunakan satu toko aplikasi milik perusahaan. Selain mengunduh aplikasi melalui Google Play Store, dengan serangkaian jaminan keamanan, pengguna bisa mengunduh aplikasi dari sumber lain.

Misalnya, pengguna bisa mengunduh dari toko aplikasi dari penyedia merek smartphone, atau juga Amazon Store. Lebih jauh lagi, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi dalam bentuk Android Aplication Package atau Apk.

Perlu diperhatikan, jika pengguna melakukan cara ini, pastikan Anda mendapatkan aplikasi dari sumber yang dapat dipercaya, karena toko aplikasi pihak ketiga adalah sumber malware Android nomor satu.

Lebih baik kalau pengguna melakukan riset terlebih dahulu. Kemudian pastikan juga untuk mematikan pengaturan ‘Instal Aplikasi Tidak Dikenal’ untuk sumber setelah Anda menginstal aplikasi yang Anda inginkan, untuk berjaga-jaga.

Kemampuan Mencopot Aplikasi

Sebagian besar ponsel Android hadir dengan bantuan aplikasi prainstal yang manarik. Namun tak menutupkemungkinan ada beberapa aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda bukan orang yang suka podcast, Anda tidak memerlukan aplikasi podcast.

Kemudian, vendor smartphone cenderung menyertakan banyak aplikasi mereka sendiri yang mungkin tidak perlu Anda gunakan. Maka Anda dapat uninstall aplikasi-aplikasi tersebut.

Caranya, cukup tekan lama ikon aplikasi lalu pilih entri untuk membuka halaman detailnya tempat Anda dapat mencopot pemasangannya.

Sayangnya, ada beberapa aplikasi stok yang tidak dapat Anda copot pemasangannya. Untuk aplikasi tersebut, Anda setidaknya dapat memilih nonaktifkan, yang akan menyembunyikannya dari halaman antarmuka dan memberikan ruang yang lebih untuk penyimpanan di sistem.

Fitur Kesehatan Digital

Seperti diketahui, terlalu lama menggunakan smartphone bahkan sampai larut malam adalah sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Di samping itu, menjelajah konten di media sosial tanpa mengatur jadwal juga menjadi sesuatu yang dapat mengganggu pekerjaan.

Maka, Android menghadirkan mode Sleep Time di Android 11. Tidak hanya membungkam ponsel Anda pada waktu yang ditentukan, itu juga mengubah layar menjadi hitam-putih, jika Anda harus melihat layar setelah jam kerja.

Fitur Kesehatan lain yang menjadi rekomendasi adalah mode Fokus, yang membungkam notifikasi dari aplikasi. Ini juga akan membatasi akses pada sebagian besar aplikasi sehingga hanya beberapa aplikasi yang diizinkan pengguna yang dapat digunakan.

Sebagai contoh, pada smartphone Samsung, hampir semua ikon aplikasi yang tak dapat digunakan akan berubah warna menjadi abu-abu. Selain itu ada fitur ‘Jangan Ganggu’ yang juga menghentikan notifikasi.

Sumber: Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *