Fenomena Supermoon bakal menghampiri langit Indonesia pada malam ini, Senin (9/3/2020). Dikutip dari akun twitter Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), @LAPAN_RI, puncak Supermoon bakal terjadi pada pukul 00.48 WIB. Masih menurut keterangan LAPAN, Supermoon kali ini dikenal oleh suku suku asli Amerika awal sebagai Bulan Cacing Penuh karena ini adalah tahun ketika tanah mulai melunak dan cacing tanah akan muncul kembali.

Selain Supermoon, fenomen ini juga dikenal sebagai Full Crow Moon, Full Crust Moon, Full Sap Moon dan Lenten Moon. Sementara mengutip fox8 , supermoon datang sehari setelah bulan mencapai perigree, titik terdekat ke bumi sehingga menjadikan bulan purnama sebagai supermoon, yang membuatnya tampak sedikit lebih besar dan lebih terang dari bulan purnama biasanya. Lantas, adakah dampak dari fenomena Supermoon?

Berdasar fenomena Supermoon yang pernah terjadi sebelumnya, biasanya memengaruhi kondisi pasang air laut. Supermoon memengaruhi pasang maksimum air laut di wilayah perairan Indonesia. Oleh karenanya, masyarakat yang tinggal di pesisir pantai agar waspada terhadap pasang air laut akibat fenomena supermoon.

Meski demikian, LAPAN dan BMKG belum memberikan keterangan spesifik mengenai dampak Supermoon malam ini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *