Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo membagikan tiga tips untuk menjaga kebugaran di tengah pandemi corona yang semakin meluas di Indonesia. Ryuji Utomo sendiri dikenal sebagai pemain yang selalu menjaga kebugaran kala kompetisi Liga 1 2020 ditangguhkan. Ia juga pandai dalam hal memanfaatkan segala medan seperti di dalam dan halaman rumah hingga taman lapang untuk mengeluarkan keringat.

Bahkan dalam kesempatan lain ia sering membagikan kegiatan olahraga di instagram milik pribadinya @Ryujiutomo. Dalam unggahan di instagram miliknya itu, Ryuji kadang melakukan olahraga sendiri maupun bersama sang istri. Nah kali ini pemain bernomor punggung 4 tersebut berniat membagikan tips menjaga kebugaran yang selama ini ia lakukan.

Menurut Ryuji, yang harus diutamakan sebelum berkegiatan adalah mental, disiplin dan fokus. “Yang pertama dan utama adalah jaga pikiran dan mental kita untuk tetap positif, semangat dan fokus." "Selain itu kita harus disiplin di segala aspek terutama di pola makan, asupan nutrisi dan istirahat yang cukup,” kata Ryuji dikutip dari .

Penggawa Timnas Indonesia di Sea Games 2017 ini berpesan agar melakukan olahraga yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan. Bila hal itu tidak diperhatikan, maka kegiatan olahraga tersebut akan terasa berat karena tidak sesuai dengan minat. “Lakukan olahraga yang kita sukai dan sesuaikan pola latihan dengan kondisi pribadi."

"Jangan paksakan olahraga yang terlalu berat karena yang terpenting adalah konsistensi,” jelasnya. Pemain kelahiran 1 Juli 1995 ini sebelumnyasebelumnya pernah merasakan kerasnya kompetisi di kompetisi kasta kedua Thailand. Tepatnya pada tahun 2017 2018 memperkuat PTT Rayong dengan status pinjaman dari Persija Jakarta.

Kesempatan tersebut tak disia siakan mantan pemain Arema FC itu untuk menimba ilmu dan merasakan perbedaan kultur sepak bolanya. Bahkan pemain yang berusia 24 tahun ini pun berhasil menghantarkan tim nya tersebut untuk promosi ke kompetisi teratas Thai League. Meskipun demikian, kebersamaan dengan PTT Rayong hanya 1 musim hingga berhasil membawanya promosi.

Setelah membawa promosi PTT Rayong, ia dipanggil kembali oleh manajemen Macan Kemayoran untuk memperkuat Persija Jakarta. Dikutip dari , Ryuji pun mengungkapkan perbedaan kultur sepak bola di Thailand dan Indonesia. Menurutnya, di kompetisi Negeri Gajah Putih lebih menerapkan taktik dan teknik saat berada di dalam lapangan.

Untuk skema permainan pun lebih simpe dengan jarang meakukan dribling untuk menusuk ke arah gawang. "Kalau di Thailand taktikal banget ya sepak bolanya. Taktik dan teknik di sana lebih ditekankan, ya gitu sih kalau di Thailand," kata Ryuji Utomo dikutip dari . Berbanding terbaik dengan kompetisi di tanah air. Biasanya, jika di Indonesia lebih banyak bermain dengan ngotot di lapangan.

"Tipe permainannya semuanya kayak gitu, jarang yang main ngotot ngotot," ucap pemain yang pernah memperkuat tim Bahrain, Al Najma tersebut. Pengalamannya bermain di Thailand kini membuatnya menjadi andalan Persija Jakarta untuk mengarungi Liga 1 2020 musim ini. Pada kompetisi musim ini Ryuji telah dipercaya tampil 2 kali oleh sang pelatih Sergio Farias.

Dalam dua pertandingan awal tersebut,Macan kemayoran sukses mengantongi 4 poindan membuatnya berada di posisi ke 9 klasemen sementara. Rinciannya, meraih kemenangan di pekan perdana melawan Borneo FC dengan skor 3 2 di Stadion Gelora Bung Karno. Kemudian di pekan kedua bermain imbang 2 2 di markas Bhayangkara FC di Stadion PTIK.

Kiprah Macan Kemayoran di Liga 1 2020 harus tertahan lebih dulu lantaran pandemi Corona yang semakin meluas di Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *