Berikut ini cara membuat pepes ikan agar tidak mudah bau langu. Bau langu yang muncul dalam hidangan pepes ikan tentu saja sangat menggangu. Hal itu bisa membuat kita kehilangan selera makan.

Untuk mengatasi bau langu, kamu perlu perhatikan saat menumis bumbu dan juga waktu saat mengukus. Simak cara mudah mengatasi bau langu pada pepes ikan. Dikutip dari , bumbu yang mentah adalah penyebab pepes berbau langu.

Untuk cara amannya, bumbu pepes harus kita tumis dulu. Bumbu yang matang sudah tentu bebas bau langu. Caranya, haluskan bumbu pepes seperti biasa lalu tumis dengan sedikit minyak sampai matang.

Setelah itu, baru bumbu bisa ditambahkan ke dalam daging, dibungkus dengan daun pisang, baru dikukus sampai matang. Bumbu pepes juga bisa kita bakar dulu. Caranya, bakar atau goreng bumbu pepes dalam keadaan utuh, misalnya saja kunyit, bawang merah dan bawang putih.

Setelah itu, baru bumbu bisa dihaluskan dan ditambahkan ke dalam pepes. Dengan begini pepes tidak akan berbau langu. Pepes berbau langu bisa disebabkan karena waktu mengukus yang kurang lama.

Jadi, bumbu boleh tidak ditumis dulu, tapi waktu mengukusnya harus agak lama. Waktu minimal untuk mengukus 3 jam, misalnya. Bahkan ada juga yang mengukusnya sampai 12 jam.

Waktu mengukus yang lama ini akan mematangkan daging beserta juga seluruh bumbu pepes. Tapi perlu digarisbawahi, kalau hanya dikukus, bau langu pepes hanya bisa berkurang, tidak bisa hilang seluruhnya. Jadi, cara paling aman menghindari pepes berbau langu adalah dengan menumis bumbu terlebih dulu.

Bagaimana? Sederhana kan cara menghindari pepes berbau langu? Kita tinggal memilih menumis bumbu dulu atau mengukusnya dalam waktu lama. Keduanya efektif menghilangkan bau langu pada pepes.

Jadi, cara paling aman menghindari pepes berbau langu adalah dengan menumis bumbu terlebih dulu. Kamu bisa langsung mempraktikkan tips di atas untuk masakan pepes di rumah. Nah, kamu bisa membuat resep pepes yang mudah kamu buatsendiri.

Berikut ini ada Resep Pepes Ikan Mas dan Resep Pepes Ikan Cue. Resep Pepes Ikan Mas ini bisa menjadi salah satu sajian wajib disantap bersama keluarga. Dikutip dari , untuk membuat 4 porsi pepes ini, kamu memerlukan waktu 60 menit.

1. Lumuri ikan mas dengan 2 sdt garam dan 1 sdt air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 2. Ambil 1/2 bagian bumbu halus. Tambahkan ragi instan, 1 sdm garam, 1 sdt gula pasir, dan minyak goreng. Aduk rata. Lumuri ikan mas dengan bumbu. 3. Alasi dasar wajan datar dengan serai. Letakkan ikan mas yang sudah dilumuri bumbu. Tuang air secara bertahap. Masak di atas api kecil sampai meresap.

4. Tambahkan sisa bumbu halus, daun kemangi, daun bawang, cabai rawit merah, 1 sdt garam, dan 1/2 sdt gula pasir. Aduk rata. 5. Lumuri kembali bumbu ke ikan mas. Bungkus ikan dengan daun pisang yang diberi daun salam. Semat dengan lidi. Kukus 45 menit sampai matang. 6. Bakar sampai harum.

Pepes Ikan Cue ini memiliki citarasa yang enak dan juga mudah dibuat. Untuk 6 porsi pepes kamu memerlukan waktu 60 menit. 1. Campur semua bahan kecuali salam dan serai. Sisihkan.

2. Ambil daun pisang lalu masukkan sepotong salam, serai, dan kemangi. Taruh adonan di atasnya. 3. Bungkus pepes. Kukus di atas api sedang 45 menit hingga matang. 4. Bakar pepes hingga kecoklatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *