Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir berhasil menjadi jawara dalam Kejuaraan Dunia MotoGP di kelas utama pada Minggu (15/11/2020) malam. Kepastian itu diperoleh setelah Joan Mir finis di peringkat 7 MotoGP 2020 seri ke 13 di Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo. Joan Mir mengumpulkan 171 poin, selisih 29 angka dengan Franco Morbidelli yang duduk di peringkat 2, dan 33 poin dengan Alex Rins.

Kesuksesan Joan Mir menjuaran MotoGP 2020 skaligus menandai kiprah 100 tahun Suzuki di kelas utama MotoGP. Dia adalah orang pertama yang berhasil membawa Suzuki ke tangga juara dunia setelah 20 tahun. Joan Mir adalah pembalap ketiga yang berhasil menjadi juara dunia di MotoGP.

Masa kecil Joan Mir tak terbesit akan menjadi pembalap hebat dunia. Ayah Joan Mir memiliki toko skateboard dan sepatu roda di Palma. Joan Mir menikmati masa kecilnya di atas papan beroda empat ini dengan tantangan menyeimbangkan badan.

Tak hanya bermain skateboard, ayah Joan Mir, Guillermo menceritakan bahwa pembalap berusia 23 tahun itu juga senang bermain jet ski. Permainan yang beradu dengan adrenalin dan kecepatan. Suatu ketika, Joan Mir datang ke sekolah balap punya ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo untuk mengunjungi sepupunya yang menyukai dunia balap motor.

Joan Mir menemaninya ke pelatihn, namun siapa sangka, dia tertarik dan mulai menyukai sepeda motor. "Di sana dia ketagihan, dia mulai suka sepeda motor," kenang ayah Joan Mir, dikutip dari Marca. Joan Mir yang saat itu berusia 10 tahun mengikuti teladan sepupunya Joan Perello dan mendaftarkan diri ke sekolah milik Chicho Lorenzo.

Di sana, bakatnya mulai tampak dengan memenangkan liga antar sekolah. Joan Mir melenggang ke Cradle of Champions Bankia, semua berkat beasiswa. Ayah Joan Mir masih ingat, ketika dirinya tak punya biaya untuk menyewa pelatih agar bakat anaknya semakin jadi.

Namun berkat campur tangan Dani Vadillo, pelatih Federasi Sepeda Motor Balearic, Joan Mir lebih berkembang karena mampu menyerap semuanya dengan cepat. Dengan jalur beasiswa, nama Joan Mir melesat seiring perkembangannya. Di FIM CEV dia bertemu dengan Christian Lundberg kepela teknisi Leopard Racing. Joan Mir bekerja sama dengan Leopard Racing di Kejuaraan Dunia 2015 di Australia dan dua tahun kemudian beranjang ke Moto3 pada usia 20 tahun.

Key Akinannya menuntunnya mengikuti jejak Espargaro, Alex Rinsm Quartararo dan naik ke kelas kedua Moto2. Joan Mir selalu punya inspirasi, di mana dia mengungkapkan bahwa Valenrtino Rossi adalah idolanya.

"Dia adalah idola saya, berbagi trek dengannya sungguh luar biasa," kata Joan Mir. Menariknya, Joan Mir menjadi juara Dunia MotoGP terjadi dalam waktu yang singkat yakni 5 tahun sejak dari Moto3. Sementara Valentino Rossi pada tahun keenam, begitu juga dengan Marc Marquez, Casey Stoner, Kenny Roberts, atau Mick Doohan.

Bahkan Lorenzo mencapai waktu sembilan tahun. Joan Mir (Suzuki Ecstar) Lahir: Palma de Mallorca Tanggal Lahir: 1 Spetember 1997 Tingg: 181 cm Berat: 69 kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *