Sama halnya dengan ibu, seorang ayah juga mempunyai peran dan tanggung jawab yang penting dalam keluarga. Sebagai kepala keluarga, ayah selalu siap untuk memberikan yang terbaik demi kebahagiaan keluarga. Bahkan keterlibatan ayah juga sangat dibutuhkan untuk menguatkan dan mendampingi sang istri dalam mengasuh serta mendidik Si Kecil.

"Bersama Ibu, Ayah menjadi sosok sentral dalam keluarga dan pertumbuhan anak. Ayah mempunyai tanggung jawab untuk berfungsi sebagai cermin dari keluarga yang berbicara ke luar sana seperti apa kualitas keluarganya. Keberhasilan ayah sesungguhnya adalah bila ia berhasil membawa keluarganya menjadi sejahtera, istrinya bahagia, dan anaknya tumbuh dengan sehat dan berhati mulia," ungkap David Togatorop, Editor in Chief Nakita.id sekaligus seorang ayah. Oleh karenanya, Nakita.id menggelar Digital Activity "Ayah S.I.A.P" sebagai bentuk apresiasi kepada ayah sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ayah yang jatuh pada 12 November. "Pada zaman ini pemisahan tugas antara seorang ayah dan ibu menjadi nyaris tak mempunyai batas. Seorang ayah dituntut menjadi serba bisa, bukan hanya dalam hal menjadi pencari nafkah keluarga. Berbagai hal atau kebiasaan tradisional dalam sisi kehidupan yang puluhan tahun lalu terdengar tidak konvensional, kini menjadi biasa dan mewajibkan ayah untuk sanggup melakukannya.

"Terlebih pada saat pandemi ini, seorang ayah menghadapi berbagai situasi ketidakpastian. Mulai dari soal kesehatan diri dan keluarga, kecukupan perekonomian keluarga, serta pendidikan anak di rumah. "Sosok orangtua dalam diri ayah yang Smart , Inspirational , Active , dan Playful (S.I.A.P) membuat Nakita.id melihat ayah menjadi sosok spesial yang harus "dirayakan" khususnya dalam hari Ayah pada tanggal 12 November. Acara ini bertujuan agar seorang ayah senantiasa mengerti dan menerapkan empat kualitas S.I.A.P dalam menjalankan peran ayah," demikian diungkapkan oleh David Togatorop. Dijelaskan David Togatorop, Ayah S.I.A.P sendiri mempunyai makna yang sangat mendalam untuk seorang ayah.

"S.I.A.P adalah singkatan dari 4 macam kualitas yang ada dalam diri seorang ayah. Sebab, seorang ayah harus menjadi sosok yang serba bisa. Ia harus pintar ( Smart ) dalam mengatasi berbagai masalah dalam keluarga. Ayah juga harus menjadi sosok yang memberi inspirasi ( Inspirational ) bagi keluarganya dalam memimpin, menjadi role model , dan memberikan kehangatan dalam keluarga. Ayah juga harus tetap dalam kondisi sehat dan prima ( Active ) agar tetap menjadi tiang yang kokoh dalam keluarga. Tak lupa, ayah juga harus menghadirkan keceriaan dalam keluarga ( Playful ) agar kesehatan mental keluarga terjaga baik," jelasnya. Digital Activity "Ayah S.I.A.P“ diadakan pada tanggal 12 14 November 2020 selama 3 hari berturut turut di platform digital seperti Facebook, Instagram, Youtube dan Zoom. Nakita.id pun turut mengundang Female Media Grid Network Kompas Gramedia untuk berkolaborasi, diantaranya Majalah Bobo, Majalah Mombi, GridHealth.id, Grid.id, Tabloid Nova, SajianSedap.com dan Stylo.id.

Dialog tentang ayah di Kompas TV pada 14 November 2020 pk 08:00 bersama Nakita.id dan seorang Celeb Dad juga menyemarakkan acara "Ayah S.I.A.P”. Acara acara yang diadakan diharapkan akan menumbuhkan kepedulian akan peran ayah sebagai kepala keluarga, akan kesehatannya, dan juga membuat ayah menjadi jeli dan transparan dalam mengatur keuangan. Tak lupa juga menumbuhkan perhatian supaya ayah menjaga penampilannya dan kebersamaan bersama anak.

Acara “Ayah S.I.A.P” juga didukung penuh oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Ada berbagai topik yang akan dibahas dalam Digital Activity “Ayah S.I.A.P”, tentunya dengan menghadirkan sejumlah narasumber profesional yang ahli di bidangnya. Talkshow “ The Superhero Alive : Ayah”, Kompetisi "Ayah Mendongeng", Acara Memasak “ Simple Cake To Celebrate Father’s Day ”, Instagram Live " Daddy’s Skincare Hacks : ” Simple Daily Skincare Routine For Busy Dad ”, webinar "Financial 101: "Mengenali Kekerasan Keuangan dalam Keluarga", webinar “Ayah Sehat, Ayah Bijak GGL (Gula Garam Lemak)”, Instagram Live "“Serunya Jadi TikTok Dads ” dan webinar "Ayah Bersama Ibu Kuatkan Karakter dan Tumbuh Kembang Anak".

Acara acara akan mendatangkan narasumber yang kompeten di bidangnya sesuai dengan topik yang disajikan. Untuk program lengkap, narasumber dan keikutsertaan bisa diikuti di Instagram @nakitaid "Teruslah menjadi ayah yang siap untuk menjadi Ayah S.I.A.P Bila saat ini belum bisa, maka teruslah belajar dengan support system keluarga yang mengerti dan mendukung. Keberhasilan menjadi Ayah S.I.A.P niscaya akan mendatangkan kebaikan bagi diri ayah sendiri, bagi istri, bagi anak dan tentunya bagi masyarakat," tutup David Togatorop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *