Saat anak sudah mulai masuk usia enam bulan anak sudah bisa mengonsumsi berbagai macam makanan yang disajikan lebih lembut supaya mudah ditelan. Dan sejak mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI), Dokter Spesialis Anak, dr. Titis Prawitasari, Sp.A(K) anak sudah bisa juga dikenalkan dengan keju dan butter atau mentega. Dua kandungan ini terbuat dari susu sapi yang punya banyak vitamin dan kandungan nutrisi yang baik untuk anak tapi sesuaikan dengan porsi kebutuhan anak.

"Keju dan butter sejak enam bulan sudah mulai bisa diberikan sebagai pencampur di makanan ya. Mentega dibuat dari susu sapi, keju juga, boleh saja diberikan," ungkap dr. Titis saat live bersama IDAI beberapa waktu lalu. Dr. Titis menjelaskan pemberian keju dan butter hanya perihal kebiasaan saja, bagi masyarakat yang tinggal di benua Eropa keju dan butter hal biasa yang dikenalkan sejak anak masih kecil. Sedangkan di Indonesia ada kandungan minyak atau santan yang biasa dikenalkan orang tua sejak anak anak karena mudah didapatkan.

"Itu kebanyakan makanan dari teman teman Eropa kalau kita tidak ada kebiasaan memberikan butter, keju, yang ada kita santan dan minyak dalam pengolahan hampir sama dan sumbernya banyak,"kata dr. Titis. Namun harus waspada saat anak memiliki alergi susu sapi maka pemberian keju, butter dan produk lainnya yang menggunakan susu sapi harus dihentikan supaya tidak memicu alergi. "Apabila anak didagnosis susu sapi maka produk turunanannya tidaj bokeh dikonsumsi keju, krim, buter bahkan biskuit roti jangan diberikan karena prinsip alergi sedikit saja diberikan langsung reaksi alerginya," pungkas dr. Titis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *