Pada liga 1 musim 2020, PersibBandungmenambaha kekuatan di lini belakang dengan merekrut kiper Teja Paku Alam dan bek VictorIgbonefo. Sebaliknya, PersibBandung belum mendapatkanrekrutanmumpuni untuk lini depan selain Beni Oktovianto. Alhasil, di satu sisi, PersibBandung krisis penyerangsetelah melepas Kevin van Kippersluis dan Ezechiel N Douassel.

Di sisi lain, pelatih Robert Alberts dianggap punya lini belakang yang dianggap terlalu gemuk. KehadiranVictor Igbonefo membuat Maung Bandung kini punya lima bek tengah setelah adaAchmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Fabiano Beltrame, dan Indra Mustafa. Fabiano Beltrame bisa dibilang tenaga baru di skuat PersibBandung di Liga12020 karena sekali tidak bisa dimainkan selama musim lalu.

Robert mengaku punya alasan untuk menambah pemainbelakang demi mengarungi kompetisi musim ini. "Itu sangat bagus. Kebanyakan tim yang memenangi liga adalah tim yang mempunyai pertahanan terkuat. Karena itu, kami mulai membangun tim ini dari pertahanan yang tangguh," ujar Robert Alberts di Lapangan Inspire Arena, Senin, (27/1/2020) pagi. Boleh jadi, Robert Alberts berkaca pada kesuksesan BaliUnited untuk menjuarai Liga12019.

Secara statistik, lini depan BaliUnited tak cukup istimewa. Total, Serdadu Tridatu hanya sanggup menyarangkan 48 gol, lebih sedikit dari koleksi gol PersibBandung. Bahkan jumlah gol BaliUnited di Liga12019 itu kalah dari Tira Persikabo yang mengemas 51 gol.

Keistimewaan BaliUnited musim lalu justru tampak di sektor belakang. Juara Liga 1 2019 ini hanya kebobolan 35 gol atau paling sedikit di antara peserta Liga 1 2019. Sebelumnya, mantan pemain PersibBandung, Yudi Guntara, menyebut lini belakang Maung Bandung terlalu gemuk karena punya lima bek tengah.

Bahkan, Yudi Guntara memprediksi ada satu dari lima bek tengah itu yang harus 'dibuang'. "Dari lima itu pasti akan ada yang tergeser di posisi center bek itu. Kalau tetap lima terlalu gemuk. Menurut saya mungkin satu tidak diperpanjang (kontrak dari lima) center bek ini. Bisa Indra atau Jupe (Achmad Jufriyanto) tergantung kebutuhan tim seperti apa nantinya," ujar Yudi Guntara saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (1/1/2020). "Duetnya nanti akan seperti apa, apakah Fabiano dengan Nick, atau Nick dengan Victor. Menurut saya sih bagus juga, kan itu boleh dikatakan pemain asing semua, akan lebih kuat," katanya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *