Berikut ini cara menyimpan daun bawang agar tetap segar dan tidak lembek. Daun bawang kerap kali menjadi bahan yang dicampurkan dalam berbagai hidangan. Taburan daun bawang ke dalam masakan dapat menambahkan citarasa yang lebih sedap.

Biasanya dijadikan taburan di atas mie ayam atau sebagai campuran telur dadar. Namun, penyimpanan yang kurang tepat membuat daun bawang mudah layu. Daun bawang dapat disimpan 5 hari hingga 2 minggu, bergantung pada kesegaran saat akan disimpan.

Cara simpan daun bawang agar cukup tahan lama disimpan bisa dengan tips The Spruce Eats berikut. Daun bawang bisa menyebarkan aroma yang bisa diserap oleh makanan lain yang ada di kulkas. Untuk membantu mencegah hal itu terjadi, jangan memotong atau mencuci daun bawang sebelum disimpan ke dalam kulkas.

Bungkus daun bawang dengan bungkus plastik agar tidak berbau dan lembab, lalu simpan di bagian laci sayuran kulkas. Daun bawang yang sudah dimasak harus disimpan dalam wadah tertutup, kemudian didinginkan. Daun bawang ini dapat digunakan dalam satu hingga dua hari.

Daun bawang baiknya jangan dibekukan kecuali jika akan digunakan untuk sup atau resep serupa. Pembekuan akan mengubah daun bawang menjadi lembek dan memberikan rasa pahit. Jika kamu memutuskan untuk membekukan daun bawang, potong menjadi irisan atau biarkan utuh.

Segel di dalam kantong kedap udara, bekukan lalu gunakan dalam waktu 3 bulan. Untuk mengawetkan rasa, jangan dicairkan sebelum dimasak. Dengan cara di atas, daun bawang akan tetap segar disimpan dan siap digunakan kapanpun. Saat akan digunakan, cara persiapannya sangat mudah.

Potong akar dan pucuk hijau paling gelap daun bawang. Kamu akan mendapatkan tangkai putih dan daun hijau muda yang baru mulai terpisah, bagian inilah yang bisa dimakan. Potong setiap daun bawang menjadi empat memanjang, tetapi hindari memotong sampai ke ujung putih.

Bilas daun bawang dengan baik, pastikan kotoran yang terselip di bagian daun bersih. Tiriskan air cucian daun bawang hingga kering, lalu potong atau iris sesuai kebutuhan. Ilustrasi ayam kukus dengan taburan daun bawang dan jahe. Daun bawang adalah bahan masakan bumbu yang bisa ditambahkan ke hidangan rebus, goreng atau panggang.

Daun bawang bisa pula diolah layaknya bawang, yang ditumis pada awal masakan. Namun, umumnya daun bawang sering kali ditambahkan diakhir waktu memasak hingga sebagai taburan. Dalam pemakaiannya pada masakan, biasanya jumlah daun bawang yang dipakai terbilang cukup sedikit saja bisa antara satu hingga dua batang untuk masakan rumahan.

Namun, jika membeli di pasar, jumlah daun bawang yang dapat dibeli bisa lebih dari jumlah yang akan dipakai untuk satu kali masak. (*/YNN) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *