Apakah kamu tahu bahwa India tidak hanya memiliki satu tetapi dua Taj Mahal? Monumen yang identik dengan Taj Mahal ini berada di Aurangabad, Maharashtra, India. Pendirian Bibi Ka Maqbara terinsipirasi dari Taj Mahal yang terkenal di Agra yang dibangun oleh kakek Pangeran Azam Shah, Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal.

Azam Shah bermaksud membangun monumen yang akan menyaingi Taj Mahal. Sayangnya, ia tidak memiliki keuangan sebanyak kakeknya, begitu juga dengan tenaga kerja terampil yang tak sehebat kakeknya. Alasan ini yang kemudian membuat kembaran Taj Mahal tak semewah aslinya.

Meski begitu, Bibi Ka Maqbara adalah keajaiban arsitektural dengan desain yang rumit, ukiran motif, struktur mengesankan dan taman bergaya Mughal yang indah. Karena kemiripannya yang kuat dengan Taj Mahal, maka sering disebut "Taj of the Deccan". Makam berdiri di tengah tengah bangunan berukuran panjang 458 meter dengan lebar 275 meter.

Bangunan ini dihiasi kolam aksial, air mancur, dan saluran air. Bibi Ka Maqbara ini dikelilingi oleh dinding crenelated tinggi dengan benteng interval, dan paviliun terbuka di tiga sisi. Bangunan ini dibangun di atas platform persegi tinggi dengan empat menara di sudutnya, persis seperti Taj Mahal.

Kubah utama dari Maqbara, bagaimanapun, lebih kecil dari kubah Taj Mahal dan menara yang lebih pendek. Sementara monumen di Agra terbuat sepenuhnya dari marmer putih murni, makam di Aurangabad terbungkus dengan marmer hanya sampai tingkat dado. Di atasnya ditutupi dengan plester halus dipoles untuk memberikan kesan seperti marmer.

Dinding Maqbara juga sedikit kehitaman yang memberikan tampilan makam kemerahan dibandingkan dengan Taj. Menurut catatan, Bibi Ka Maqbara dibangun dengar biaya 700.000 Rupee. Sebagai perbandingan, Taj Mahal dibangun dengan biaya sekitar 32 juta Rupee pada waktu itu.

Ini mungkin alasan lain mengapa Bibi Ka Maqbara sering disebut sebagai "Taj orang miskin".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *