Inilah deretan fakta menarik konser online BTS Map of the Soul: ON:E. Luar biasa tetapi mengharukan, dua kata yang tepat untuk menggambarkan konser hari pertama Map of the Soul: ON:E yang digelar BTS. Boyband asal Korea Selatan ini menggelar konser secara virtual pada Sabtu (10/10/2020).

Meski secara virtual, konser ini dikemas secara epic. Panggung juga begitu megah. Konsernya sangat memukau.

Para ARMY yang merindukan BTS pun dapat mengurangi rindunya lewat tontonan konser secara virtual ini. ARMY diketahui merupakan sebutan bagi para penggemar BTS. Sebelum menggelar konser secara virtual, BTS seharusnya menggelar tur dunia Map of the Soul sejak April lalu.

Namun tur itu dibatalkan karena pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia. BTS kemudian “mengganti” tur itu dengan konser live dari rumah yang disebut BANG BANG CON: The Live pada Juni lalu. Konser ini sepenuhnya digelar online. BANG BANG CON: The Live mencetak sukses besar. Konser virtual itu disaksikan lebih dari 750.000 orang dari 100 negara, seperti dikatakan agensi BTS, Big Hit Entertainment.

Konser Map of the Soul: ON:E awalnya direncanakan digelar secara online dan offline hanya di Seoul, Korea. Namun gelombang kedua Covid 19 di Korea Selatan memaksa Big Hit menggelar konser itu hanya secara virtual. Map of the Soul: ON:E digelar dengan memanfaatkan teknologi canggih, seperti extended reality dan augmented reality. Seperti dilansir Yonhap , Minggu, tanpa menyebut angka Big Hit Entertainment mengatakan biaya konser itu delapan kali lebih besar dibandingkan BANG BANG CON: The Live .

Konser Map of the Soul: ON:E dimulai tepat pada pukul 19.00 KST atau pukul 17.00 WIB. Berikut ini rangkuman Kompas.com dari konser Map of the Soul: ON:E . Sejak awal penampilan BTS sudah menggebrak dengan lagu lagu bertempo cepat dan koreografi berat.

RM, Jin, Suga, J Hope, Jimin, V, dan Jungkook membuka konser dengan “ON”, lagu utama dari album terakhir BTS Map of the Soul: 7 . Panggung megah ditambah kehadiran marching band dan penari latar mewadahi aksi BTS. BTS memberi kejutan dengan menampilkan lagu “NO” sebagai yang kedua. Dilanjutkan kemudian dengan “We Are Bulletproof”.

Meskipun tidak hadir secara fisik, ARMY terlihat memenuhi “bangku penonton” melalui layar sehingga BTS seolah benar benar tampil di hadapan penonton. “Saya gembira setidaknya bisa melihat kalian melalui layar,” kata V yang mengaku sedih karena tidak bisa bertatap muka langsung dengan ARMY. Wajah sekitar 500 ARMY terundang bisa dilihat dari layar layar kecil yang terpambang di depan panggung.

Tidak hanya itu teriakan dan suara mereka pun bisa didengarkan oleh para member BTS. Selain itu, tim produksi pun menata ratusan Army Bomb, sebutan lightstick BTS, di kursi penonton. Hal itu memunculkan kesan suasana konser yang sesungguhnya. Map of the Soul: ON:E memberi kesempatan para member BTS untuk tampil solo dengan lagu lagu dari Map of the Soul: 7 .

RM membawakan “Persona”, Suga dengan “Shadow”, dan J Hope menyanyikan “Ego”. Jin membawakan lagu “Moon”, Jimin dengan “Filter”. V menyanyikan “Inner Child”, dan Jungkook dengan “My Time”. ARMY bersorak ketika rap line yang terdiri dari RM, Suga, dan J Hope menampilkan lagu gahar berjudul “UGH”.

Inilah untuk kali pertama lagu tersebut ditampilkan secara live di panggung. Saat membawakan lagu yang memadukan alat musik tradisional Korea dengan warna hip hop itu ketiga rapper BTS tampil bak petinju. Mereka tampil atraktif di sebuah set seperti ring tinju di tengah rumah tahanan.

Setelah rap line meninggalkan panggung, para vocal line muncul dengan lagu “00:00”. Mengenakan busana serba putih, Jin, Jimin, V, dan Jungkook menyanyikan lagu mellow itu dengan bagus. Yang mengejutkan, lagu itu ditampilkan dengan koreografi yang seksi. Sebelum tampil dengan lagu terakhir, para member BTS berbicara bergiliran. Jimin tidak bisa membendung air matanya ketika saatnya berbicara tiba.

Dia mengakui kebahagiaannya di konser itu tidak utuh, hanya 80 persen. Jimin mengatakan dia bahagia bisa tampil panggung lagi, tetapi dia sedih karena tidak bertatap muka langsung dengan ARMY. Seperti biasanya, BTS menutup konsernya dengan sebuah lagu yang dibuat khusus tentang dan untuk ARMY.

Kali ini pilihannya adalah “We are Bulletproof: The Eternal”. Lagu itu menggambarkan perasaan BTS terhadap ARMY, bahwa mereka tidak lengkap tanpa ARMY. “We are together bulletproof”, “we were only seven, but we have you all now”, dan “we are now seven, with you”, adalah sebagian lirik “We are Bulletproof: The Eternal”. Dengan lagu itu BTS berterima kasih kepada ARMY yang selalu setia memberi dukungan sejak awal.

Siang ini, Minggu (11/10/2020) pukul 16.00 KST atau 14.00 WIB, BTS menggelar Map of the Soul: ON:E hari kedua.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *