China memerintahkan Amerika Serikat (AS) menutup konsulatnya di kota barat daya Chengdu. Perintah itu dikeluarkan sebagai balasan atas ditutupnya konsulat Tiongkok di kota Houston, Texas, AS. Mengutip , Kementerian Luar Negeri China mengatakan, penutupan misi Chengdu merupakan tanggapan yang sah dan diperlukan.

Sementara itu, katanya, mengenai keputusan AS menutup misi di Houston sangat tak masut akal. “Hubungan China AS saat ini bukanlah apa yang ingin dilihat Tiongkok,” katanya dalam pertanyaan. Lebih lanjut, terkait situasi ini, dia menyebut AS lah yang bertanggung jawab.

“Kami sekali lagi mendesak Amerika Serikat untuk segera menarik kembali keputusan yang salah agar menciptakan kondisi yang diperlukan, untuk membawa hubungan bilateral kembali ke jalurnya,” tambahnya. Namun tak disebutkan kapan konsulat AS itu harus dikosongkan. Tetapi, Hu Xinjin, Pemimpin redaksi surat kabar Global Times mengatakan, periode pemberitahuan berlaku untuk 72 jam.

“Itu artinya konsulat AS di Chengdu akan ditutup Senin pagi,” tulisnya dalam Twitter. Lebih jauh, koresponden Al Jazeera dari kota Wuhan, Hubei, China, menggambarkan hubungan bilateral kedua negara. “Ada sekira 200 staf yang bekerja di konsulat Chengdu, termasuk skira 50 pejabat AS,” katanya.

“Konsulat juga dianggap sebagai pos keluhan yang cutup panting bagi AS, ketika menyagkut masalah masalah seperti Tibet dan Xinjiang,” tambahnya. Selasa malam, polisi Houston mengatakan, mereka menerima laporan ada asap di halaman luar Konsulat. Tepatnya di Montrose Boulevard, di daerah Midtown kota itu.

Media lokal berbagi video yang dokumen yang dibakar tepat setelah pukul 20.00 waktu setempat. “Anda dapat mencium bau kertas terbakar,” ungkap saksi mata di tempêta kejadian kepada . “Tapi, semua petugas pemadam kebakaran mengelilingi gedung dan tak bisa masuk ke dalam,” tambahnya.

Lebih lanjut, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus mengatakan, Konsulat ditutup untuk melindungi kekayaan intelektual dan informasi pribadi warganya. Tetapi, dia tidak segera memberikan rincian tambahan tentang apa yang mendorong penutupan Konsulat di Houston tersebut. Sementara itu, media China melaporkan, Konsulat itu telah ditutup selama 72 jam.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *