Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) akan segera dilaksanakan serentak pada 23 September 2020 mendatang. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan apakah sudah terdaftar di Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di laman . Ketika sudah diketahui dan terdaftar, Anda dapat menggunakan hak pilihmu dalam Pilkada.

Kemudian, bisa mengetahui lokasi TPS yang akan dituju. Warga Negara Indonesia yang bisa menggunakan hak pilihnya saat Pilkada, yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah pernah menikah. Kemudian, sudah terdaftar sebagai pemilih, bukan anggota TNI/Polri, dan terdaftar di dalam Daftar Pemilih(DPT/DPTb/DPK).

Selanjutnya, tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap. Ketik nama dan NIK Ketika keterangan tersebut muncul, berarti Anda sudah terdaftar dalam DPT.

Kemudian, menjelang Pilkada, Anda juga bisa mendatangi kantor kelurahan atau desa setempat. Selanjutnya, bisa mengunduh aplikasi JDIH KPU RI di Google Play. Hal tersebut untuk mengecek apakah Anda sudah terdaftar atau belum.

1. Warga Negara Indonesia yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin. 2. Terdaftar sebagai pemilih. 3. Bukan anggota TNI/Polri.

4. Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap. 5. Terdaftar di dalam Daftar Pemilih(DPT/DPTb/DPK). Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan proses pindah memilih dalam kondisi tertentu atau DPTb.

Dilansir laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id, DPTb adalah pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu TPS yang karena keadaan tertentu. Dalam kondisi tersebut, pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan suara di TPS lain.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *